Thu, 12 Apr 2012 17:51:08 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Wow, Ada "Gajah" di Planet Mars!

SEMUT di seberang lautan saja terlihat, begitu juga gajah di planet Mars.


Wow, Ada "Gajah" di Planet Mars!

SEMUT di seberang lautan saja terlihat, begitu juga gajah di planet Mars.

Penelusuran di luar angkasa kembali menghasilkan penemuan yang mengagumkan.

Sebuah kamera satelit yang merekam gambar planet Mars menemukan permukaan tanah yang berbentuk menyerupai kepala gajah, lengkap dengan belalainya.

Gambar ini tertangkap kamera Mars Reconnaissance Orbiter yang merupakan bagian dari proyek High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) milik NASA.

Gambar menyerupai gajah ini ditemukan di kawasan Elysium Planitia. Para pakar astronomi menyebut kawasan ini sebagai provinsi termuda di Mars yang ditutupi bekas lava.

Gambar ini terbentuk dari susunan aliran lava yang mengalir di permukaan tanah planet Mars. Gambar ini termasuk dalam fenomena Pareidolia, yaitu kondisi dimana otak manusia seolah-olah sedang melihat sesuatu yang berbeda dari aslinya. Kondisi ini pula yang membuat manusia seringkali menganggap sesuatu mirip dengan hal-hal yang pernah dilihat sebelumnya.

Selain menemukan gambar menyerupai gajah, para peneliti juga menilai gambar aliran lava di planet Mars sebagai penemuan yang mengagumkan. Alfred McEwen, pakar geologi planet dari University of Arizona menyebutkan, lava di planet Mars diprediksi sebagai jejak air di jaman dahulu. Air berubah menjadi lava seiring dengan perubahan kondisi geologi planet yang terjadi selama milyaran tahun.

“Banjir lava yang menutupi banyak area diprediksi sebagai bekas air yang membanjiri kawasan tersebut,” ungkap McEwen, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (11/4).

“Kebanyakan banjir lava di planet bumi terbentuk selama beberapa dekade, mungkin begitu juga yang terjadi di Mars,” tandas McEwen.

(rere/ade)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.916 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.095 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    712 respon

Total Respon: 7.723
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft