Wed, 05 Dec 2012 13:08:12 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Pemerintah Malaysia Legalkan Perceraian Lewat SMS

Perceraian lewat SMS masih dibolehkan asalkan isi pesannya jelas dan tidak ambigu. Peraturan ini dikeluarkan pada 2003 silam, saat seorang warga Malaysia menceraikan istrinya lewat SMS.


Pemerintah Malaysia Legalkan Perceraian Lewat SMS

ULAH Bupati Garut, Aceng HM Fikri, yang menceraikan istrinya via SMS hanya berselang 4 hari setelah menikah menuai kontroversi. Selain pernikahan yang terlalu singkat, cara Aceng menyampaikan keinginan bercerai lewat SMS pun dinilai tidak etis.

Tapi lain lagi dengan di Malaysia. Di negeri jiran itu pemerintah setempat melegalkan perceraian via SMS. Hal ini disampaikan penasehat pemerintah untuk urusan keagamaan, Dr Abdul Hamid Othman.

“SMS adalah bentuk lain dari tulisan,” ujarnya, seperti dikutip New Straits Times.

Abdul menambahkan, menyampaikan perceraian lewat SMS masih dibolehkan asalkan isi pesannya jelas dan tidak ambigu. Peraturan ini dikeluarkan pada 2003 silam, saat seorang warga Malaysia menceraikan istrinya lewat SMS.

Hakim syariah Mohamad Fauzi Ismail memutuskan perceraian antara pria yang bernama Shamsudin Latif dan istrinya Azida Fazlina Abdul Latif itu pun sudah resmi di mata hukum.

Saat itu, Shamsudin mengirim SMS yang berisi permintaan agar sang istri pergi dari rumah orang tuanya dengan ancaman cerai.

“Kalau kamu tidak meninggalkan rumah orang tuamu, kamu akan saya ceraikan,” demikian tulis Shamsudin dalam SMSnya seperti dikutip Utusan Malaysia.

Huffington Post memberitakan, hukum perceraian lewat SMS juga sempat diresmikan di Tajikistan. Namun peraturan ini tak bertahan lama, karena pemimpin keagamaan setempat mencabut peraturan itu tahun lalu.

(rere/gur)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.384 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.481 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    927 respon

Total Respon: 9.792
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft