Thu, 11 Oct 2012 20:25:17 GMT | By Editor Panditio Rayendra, tabloidbintang.com

Mengenang Acara-acara Fenomenal di Indosiar

Yuk, kita tengok lagi program-program Indosiar yang berjaya pada masanya.


Mengenang Acara-acara Fenomenal di Indosiar

PERNAH menjadi stasiun TV nomor 1, Indosiar saat ini terjun bebas ke peringkat 6.

Ledekan sebagai stasiun TV naga terbang dan dangdutan pun melekat erat pada stasiun TV yang berpusat di Daan Mogot ini. Namun jauh jika menengok mundur ke belakang, stasiun TV ini pernah melahirkan program-program unggulan yang jadi trendsetter, baik program in-house, sinetron, dan serial asing.

Yuk, kita tengok lagi program-program Indosiar yang berjaya pada masanya.

RETURN OF THE CONDOR HEROESLahir pada tahun 1995, pemunculan stasiun TV ini sempat menjadi pembicaraan karena logonya yang mirip dengan TVB Hong Kong. Mengisi slot primetime kala itu, Indosiar pun menayangkan drama-drama lawas produksi TVB Hong Kong. Return of the Condor Heroes 1983, meski telat 12 tahun, nyatanya disukai pemirsa TV sini. Sampai-sampai tabloid kami waktu itu menjadikan serial yang dibintangi Andy Lau dan Idy Chan itu sebagai cover. O ya, jangan lupakan lagu tema yang versi bahasa Indonesianya dinyanyikan Yuni Shara, sangat populer pada masa itu.

TOKYO LOVE STORYKalau slot pukul 19.30 WIB diisi drama Hong Kong, maka pukul 20.30 WIB diisi dorama Jepang. Kalau sinetron dan telenovela identik dengan ibu-ibu, dorama ini menghadirkan kisah cinta orang muda yang sudah bekerja. Sebuah alternatif bagi remaja dan mereka yang berusia 20-an saat itu. Ah, jadi kangen melihat Rika Akana dan Kanji Nagao.

PESTAJauh sebelum inBox dan DahSyat, Indosiar sudah melahirkan Pesta. Acara yang dipandu Farhan dan Tamara Geraldine ini dulu tayang pada Minggu pukul 18.00 WIB. Penyanyi datang ke studio Indosiar untuk menyanyikan lagu terbarunya, plus segmen sulap atau games lainnya. Bedanya dengan acara musik-variety show masa kini, Pesta tayang mingguan dan tidak mengobral humor kasar, apalagi sindirmenyindir berbuntut gosip.

MARIMARTelenovela sebenarnya sudah ada sejak jaman TVRI, dan dipopulerkan SCTV. Indosiar pun gerak cepat, dan membeli Marimar, yang dibintangi ratu telenovela Thalia. Naik turun kehidupan asmara Marimar dan Sergio pun mengharu biru ibu-ibu rumah tangga. Tak ketinggalan Pulgoso, anjing Marimar yang diberi voice-over. Oya, kala itu lagu temanya juga sering dipelesetkan menjadi: Marimar, Mie Baksooo..

DRAGON BALLDi era 90-an, animasi Jepang lebih populer dibandingkan buatan Amerika Serikat. Kalau RCTI berjaya lewat Doraemon, Indosiar menayangkan Dragon Ball. Awalnya ditaruh di slot hari Sabtu pukul 18.00 WIB, sebelum digeser ke Minggu pagi, sampai sekarang.

TERSANJUNGCinta Fitri boleh menjadi sinetron dengan jumlah episode terpanjang. Namun sinetron yang tayang dalam rentang waktu paling lama tanpa break, ya tetap Tersanjung. Sinetron ini bertahan selama 7 tahun, 1998-2005. Jajaran pemain utamanya pun beberapa kali berubah, sampai cicit karakter aslinya dewasa. Lulu Tobing, Jihan Fahira, Ari Wibowo, Jeremy Thomas, Didi Riyadi, sampai Ayu Azhari pernah memperkuat sinetron produksi Multivision Plus ini. Dulu, sinetron ini tayang setiap Jumat pukul 19.30 WIB.

MISTERI GUNUNG MERAPISetelah tak bermitra dengan ANteve, Gentabuana Pitaloka (kini Gentabuana Paramita) memboyong sinetron kolosalnya ke Indosiar. Ternyata sambutannya lebih baik. Misteri Gunung Merapi alias Mak Lampir, dibuat sampai jilid 3 dan tayang bertahun-tahun. Sinetron kolosal yang dibintangi Farida Pasha, Marcellino dan lain-lain ini dulu tayang setiap Minggu pukul 19.30 WIB.

PATROLISetiap stasiun TV pasti punya program hard news. Tapi tak ada yang mengkhususkan diri pada berita kriminal, sampai kehadiran Patroli. Berita perampokan, pemerkosaan, penculikan, dan penipuan, menjadi topik utama Patroli. Alfina Damayanti, menjadi salah satu anchor Patroli yang disukai pemirsa pada akhir 1990-an/awal 2000-an.

KUCH KUCH HOTA HAI (film Bollywood baru tayang perdana di TV)Film India identik dengan TPI, sampai orang sering memlesetkan jadi Televisi Pilm India. RCTI dan SCTV pun menayangkan film-film India. Tapi kebanyakan judul-judul lawas. Kalau tidak cerita tentang polisi baik Vs. penjahat, ya kisah mistis seperti Nagina si Dewi Ular. Indosiar dengan berani melahirkan Mega Bollywood. Filmnya baru (terpaut 1-2 tahun dari tahun produksi), dan tayang primetime, tiap Sabtu pukul 19.30 WIB. Film pertama yang mengisi slot ini, Kuch Kuch Hota Hai. Kesuksesan Mega Bollywood memaksa TV lain menayangkan film India di slot primetime. RCTI punya Layar Emas Bollywood (Dil Hai Tumhaara), SCTV ada Gala Bollywood (Mujhse Dosti Karoge). Belakangan Mega Bollywood kembali hadir di Indosiar tiap Rabu pukul 22.00 WIB.

METEOR GARDENTren drama remaja (idol drama) Taiwan juga dipelopori Indosiar. Meteor Garden, adaptasi Taiwan dari Manga Jepang Hana Yori Dango, hadir setiap Senin pukul 22.00 WIB, namun ratingnya sempat menembus top 10. Kisah cinta Dao Mingshi dan Shan Cai sukses membius remaja sampai ibu-ibu. Stasiun TV lain langsung latah. RCTI menayangkan Orange Boy (Ken Zhu, Stella Huang) di jam yang sama, SCTV mengubah judul serial School (Alyssa Chia, Johnny Liu) menjadi Romantic Garden, TPI punya Idol Boy, dan Trans TV dengan Toast Boy’s Kiss (Lee Wei).

BOYS BEFORE FLOWERAdaptasi Hana Yori Dango versi Korea ini hadir di saat remaja Indonesia mulai terserang Korean wave. Tabloid ini pernah 10 kali memajang Boys Before Flowers sebagai cover. Lee Min Ho dan Kim Hyun Joong pun langsung jadi idola remaja sini. Belakangan serial ini tayang di antv, masih mendapat sambutan yang baik.

AKADEMI FANTASI INDOSIAR (AFI)Talent search berbumbu drama, mungkin AFI pelopornya. AFI bukan sekadar ajang cari penyanyi bagus. Penonton diajak mengenal peserta lebih dekat lewat tayangan Diary AFI. Ada cinlok, ada persaingan, dan haru biru malam eliminasi di mana peserta dengan erolehan SMS terendah pulang menenteng koper, lalu finalis yang tersisa memeluk sambil berlinang airmata. Adaptasi La Academia Meksiko ini bertahan hingga 5 musim.

MAMAMIA SHOWSeperti AFI, acara ini diadaptasi dari Quinceanera tayangan Telemundo, stasiun TV Amerika Serikat berbahasa Spanyol. Mamamia Show adalah kontes nyanyi untuk remaja putri. Finalis tak sendiri. Mamanya menemani finalis untuk meyakinkan pada juri votelock bahwa anaknya layak jadi bintang. Talent search ini bertahan 3 musim.

TAKE ME OUTTiga puluh wanita berdiri di podium. Seorang pria tampan memberikan tantangan, dan memilih salah satu wanita untuk dikencani. Kurang lebih begini sistem kontak jodoh ala Take Me Out. Acara ini amat sukses pada tahun 2009. Sampai-sampai dibuatkan Take Him Out, di mana posisinya tiga puluh pria di podium menanti dipilih oleh 1 wanita. Juga, Take a Celebrity Out, yang kemudian dibuat 2 versi: artis cowok dipilih artis cewek dan sebaliknya.

Apa lagi acara Indosiar yang menurut Anda fenomenal?

(ray/ade)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.358 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.410 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    918 respon

Total Respon: 9.686
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft