Thu, 21 Jun 2012 21:04:49 GMT | By Editor Hari Murtono, tabloidbintang.com

Membandingkan 3 Besar "Indonesian Idol" dari Waktu ke Waktu

Bagaimana menurut pecinta Indonesian Idol? Babak 3 besar tahun keberapa yang paling dikenang?


Membandingkan 3 Besar "Indonesian Idol" dari Waktu ke Waktu

INDONESIAN Idol 2012 memasuki babak 3 besar. Tapi keseruan yang digaung-gaungkan belum sungguh-sungguh dirasakan.

Kualitas? Okay sih. Tapi para kontestan kali ini seperti kesulitan membuat penonton dan juri benar-benar tersentuh.

Penampilan mereka sekadar bagus, tapi tak benar-benar megah. Kalau pada babak-babak awal Regina, Sean, Dion, mampu menyentuh penonton dengan pilihan lagu yang jitu, makin ke belakang justru melempem.

Sorry, pilihan lagu yang segmented untuk acara yang ditonton banyak kalangan, bukan pilihan yang bijaksan. Meski dibela dengan puja-puji, dibantu promosi ini itu, tetap saja parameter penonton sangat jelas, penampilan mereka belum membuat merinding dan mudah dilupakan.

Apalagi kalau pembandinganya 3 besar Indonesian Idol tahun-tahun sebelumnya. Sejauh yang penulis ingat, Indonesian Idol 1,2, dan 3 adalah kompetisi yang cukup keras. Indonesian Idol 1 dengan adu atraksi vokal yang prima dan pilihan lagu yang dahsyat. Indonesian Idol 2, kontestannya konsisten dan prima, serta serba bisa.

Sementara Indonesian Idol 3 giliran para ABG menampilkan pesona dan kepribadian mereka di atas spanggung. Secara rating bagus, vote yang masuk pun cukup menjanjikan. Bagaimana menurut pecinta Indonesian Idol? Babak 3 besar tahun keberapa yang paling dikenang? Yuk, menengok 3 besar Indonesian Idol dari waktu ke waktu.

Indonesian Idol 1Joy-Delon–Nania. Babak 3 besar impian penonton waktu itu adalah Joy-Nania-Helena. Selain suara sungguh menawan, ketiganya sanggup menyanyikan lagu-lagu milik para diva dengan leluasa. Penguasaan panggung dan kayanya referensi lagu membuat pertarungan semakin asyi disaksikan. Joy dkk juga selalu hadir dengan faktor kejut setiap pekannya. Lagu Ingin Kumiliki yang dibawakan Nania denganbegitu dalam hingga sekarang masih dikenang banyak pecinta acara ini. Munculnya Delon karena faktor popularitas dan untungnya Delon membuktikan diri bisa tampil baik di babak Grand Final. Kalau dibanding yang lain mungkin inilah kompetisi dimana para idola memiliki pemahaman akan lagu-lagu yang enak dibawakan, megah, sekaligus menyentuh penonton. Sungguh babak 3 besar paling dikenang.

Indonesian Idol 2Mike-Judika-Firman. Babak 3 besar ideal penulis adalah Mike-Judika-Monita. Sayang Monita yang saat itu masih berusia 17 tahun, kalah mental saat bertarung dibabak 4 besar. Kehadiran Firman yang rocker sesungguhnya tidak mengecewakan. Namun kualitas dan konsisteni Mike-Judika memang sulit ditandingi. Meski cukup menawarkan penampilan yang bagus, dibanding Indonesian Idol 2, babak 3 besar ini agak sedikit mengalami penurunan dari rating. Apa mungkin karena minus kontestan perempuan? Entahlah. Yang pasti pada babak final Mike-Judikatampil sangat baik dengan berbagai lagu yang mencapai klimaks dan mengundang decak kagum.

Indonesian Idol 3Ihsan-Dirly-Gea. Ini 3 besar ideal semua orang. Ketiganya muda, berani, punya ciri khas, dan mengandalkan penampilan segar dibanding kekuatan vokal. Bumbu-bumbu kisah kehidupan mereka menjadi konsumsi media dan pecinta Indonesian Idol. Dan menjadi makin seru forum online Indonesian Idol pun benar-benar dibuat ramai oleh para penggemar mereka.Dari segi rating pencapaian babak 3 besar ini sungguh kompetitif. Untuk urusan voting, babak finalnya mencapai 2,7 suara. Yang pasti Ihsan-Dirly sempat membuat demam Indonesian Idol kembali menggelora dengan kisah persaingan dan pesahabatan mereka. Meski dibilang kurang kuat sebagai kompetisi vokal, para kontestan muda ini berhasil menampilkan tontonan yang sarat kejutan dan harus diakui nuansa muda yang mereka bawa juga sangat fun untuk disaksikan (atau untuk dikritik?hehehe).

Indonesian Idol 4Rini-Wilson-Gaby. Lumayan seru karena Rini semakin membaik dari waktu ke waktu dan Gaby serta Wilson juga memberi perlawanan yang cukup keras. Untuk tingkat popularitas 3 ABG ini mungkin tidak bisa menyaingi Ihsan-Dirly-Gea, namun secara kualitas cukup lumayan untuk disaksikan. Meski tak sempurna, Rini bahkan berani ambil resiko menyanyikan lagu Emotion milik Mariah Carey Pemenang di babak 3 besar inipun cukup tidak tertebak karena Rini, Wilson, dan Gaby juga sama-sama bagus dan sama-sama punya banyak penggemar.

Indonesian Idol 5Aris-Gisel-Patudu. Pertandingan yang berat sebelah. Meski kualitas dan populartias acara ini sudah sangat menurun, tapi faktor Aris cukup menjanjikan banyak cerita. Selain karena latar belakangnya, Aris punya suara khas yang kuat. Sejak babak 5 besar sepertinya voting SMS paling banyak tertuju padanya. Bahkan saat babak 3 besar, Gisel dan Patudu nyaris lebih banyak sebagai penghias kompetisi. Saya sendiri ketika itu lebih mendukung dan melihat aksi Gisel lebih menjanjikan dan menawarkan perbaikan kualitas vokal dari waktu ke waktu. Tapi babak final musim ini terkesan adem ayem dan agak membosankan.

Indonesian Idol 6Igo-Citra-Gilang. Kompetisi Ini juga tak terlalu mengangkat dan tak terlalu panas. Hanya saja Citra memang sudah memperlihatkan bakat jadi terkenal dengan keterampulannya menyanyi jazz nya sejak babak workshop. Dia pun mampu menginterpretasikan berbagai lagu dan mendapat pujian juri. Lagu Armada "Mau Dibawa Kemana", yang dibawakan Citra juga masih sangat diingat orang. Babak 3 besar ini mudah ditebak karena Igo dan Citra mengungguli Gilang dari berbagai segi.

Indonesian Idol 7Regina-Sean-Yoda. Kualitas suara okay, tapi penulis nilai sangat minus dalam pemilihan lagu. Ketiga penyanyi juga kesulitan mencetak penampilan yang membuat penonton merinding saaterhitung sejak babak 6 besar. Sekali lagi bukan karena tidak bagus, tapi karena pilihan lagu yang terlalu segmented. Rasanya kalau kembali tidak memilih lagu terlalu aman, akan sulit menyaingi keseruan 3 besar Ihsan-Dirly-Gea, apalagi Joy-Delon-Nania.Kita tunggu saja penampilan mereka.

(hari/ade)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.467 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.661 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    349 respon

Total Respon: 8.477
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft