Thu, 11 Oct 2012 11:59:18 GMT | By Editor Hari Murtono, tabloidbintang.com

Maknae Paling Berpengaruh di Industri Hiburan Korea

Ya, peran maknae atau personel termuda dalam sebuah grup memang tidak bisa dianggap remeh. Siapa saja para maknae berperngaruh?


Maknae Paling Berpengaruh di Industri Hiburan Korea

SEBAGAI negara yang masih menganut adat ketimuran yang kuat, nuansa kekeluargaan sedikit banyak mempengaruhi struktur keanggotaan boy band dan girl band Korea.

Para anggota yang lebih tua lebih dihormati dan biasanya juga memiliki keterampilan lebih mumpuni, mengingat mereka lebih lama menjalani masa pelatihan.

Nah, para junior terutama yang termuda juga punya peran. Selain menjadi penguat hubungan antar anggota, juga menjadi faktor X untuk menarik penggemar.

Ya, peran maknae atau personel termuda dalam sebuah grup memang tidak bisa dianggap remeh. Banyak manajemen membuat perubahan tiba-tiba dalam soal jumlah personel ketika sebuah grup akan diluncurkan.

Beberapa maknae dari grup terkenal diputuskan masuk grup di saat terakhir atau ditambahkan sebagai penguat grup, sebut saja Thunder MBLAQ, Kyuhyun Super Junior, atau Seunghyun FT Island.

Untuk beberapa senior, maknae juga disebut sebagai vitamin, alias penyegar suasana karena kepolosan mereka. Beberapa maknae dalam beberapa grup berubah menjadi sangat berpengaruh ketika grup makin populer. Seperti mereka ini.

• Kyuhyun Super Junior Julukannya Evil Maknae, karena keberaniannya mengungkapkan pendapat kepada para hyung (kakak). Kyuhyun boleh dibilang maknae paling memikat dan penuh daya jual saat ini. Kepintarannya berbicara dia maksimalkan dengan tampil cemerlang sebagai salah satu MC di acara Radio Star. Sungguh penemuan tak terduga mengingat sebelumnya dia lebih banyak berada di belakang para hyung ketika muncul di acara bincang-bincang. Kyuhyun juga menjadi motor penggerak dalam Super Junior, Super Junior M, SM The Ballad, Super Junior KRY. Kiprahnya sebagai vokalis utama begitu sulit tergantikan. Bahkan belakangan dia merambah dunia OST drama, dan juga muncul dalam drama musikal. Seperti belum cukup sibuk, Kyuhyun juga mengembangkan lembaga pendidikan bahasa Korea di negara asalnya dan negara Asia lainnya. Kyuhyun Bisa jadi bukan bintang iklan atau main drama seperti rata-rata maknae yang disebut dalam artikel ini. Tapi kalau hitungannya penghasilan, siapa yang bisa menyanggah dia sebagai maknae terkaya. Dengan konser lebih dari 20 kota di seluruh dunia yang selalu sold out bersama Super Junior, punya saham di perusahaan, berpromosi berbulan-bulan di daratan China bersama Super Junior M, Kyuhyun dipastikan salah satu maknae terkaya. Pokoknya layak disebut sebagai Maknae Paling Berpengaruh.

• Changmin TVXQ Changmin sering jadi bahan keisengan para hyung saat TVXQ berjumlah 5 orang. Dia paling polos, imut, sedikit galak, enak diajak sebagai teman bercanda, tapi yang pasti suara yang menjangkau nada-nada tingginya mampu mengisi harmonisasi vokal dalam grup. Begitu berdua saja dengan Yunho, Changmin makin mengkilap dengan suara tinggi bertenaganya, tariannya juga makin mantap, dan yang pasti dia makin berwibawa. Dia memiliki kontrol yang kuat terhadap sang leader dan tentunya para junior mereka di SM Entertainment. Oh iya, selain aktif sebagai model kosmetika Misha bersama Yunho, Changmin juga sukses besar berpromosi dan menggelar konser di Jepang. Namanya masih jaminan mutu untuk menyedot banyak penghasilan di negeri Sakura. Apalagi belakangan Changmin juga melebarkan saya dengan bermain drama seperti anggota TVXQ dan JYJ.

• Suzy Miss A Min, Jia, Fei dan pastinya JYP Entertainment pantas berterima kasih pada si bungsu yang sangat powerful ini. Dia tak hanya sibuk sebagai panelis,MC, tapi juga bintang drama yang sukses. Yang paling hebat dia juga bintang iklan laris, yang penghasilannya hanya kalah dari Yoona SNSD. Suzy juga disebut maknae yang mampu membawa kecintaan orang padanya berubah menjadi kecintaan pada Miss A. Sejak sukses main di serial Dream High, karier akting Suzy digadang-gadang akan makin bersinar dan membuat namanya makin dikenal.

• Seohyeon SNSD Dia pernah disebut sebagai maknae girl band paling berpengaruh. Selain sibuk dengan grup, Seohyun juga aktif di luar grup dan hampir semua acara yang diikuti membuat dia layak mendapat apreasiasi atas bakat dan kepolosan di reality show We Got Married. Yang nggak kalah penting Seohyun juga ambil peran aktif dalam setiap pentas SNSD. Promosinya bersama TaeTiSeo membuat Seohyun makin bersinar dan tak diragukan lagi akan selalu masuk dalam jajaran maknae yang disegani. • Seungri Big BangKesuksesannya bersolo karier dan lepas dari bayang-bayang seniornya cukup membuat lega para hyung. Seungri juga dikenal sebagai si mulut ember yang bisa menyebarkan aib grup dan para hyung dalam tiap acara yang mereka ikuti. Tapi justru itu lho yang membuat penampilannya selalu ditunggu fans dan para kreator acara. Tapi namanya juga maknae, Seungri tetap disayang-sayang dan dijadikan bahan keisengan. Bahkan saat Seungri membuat skandal para hyung tetap memberikan dukungan dan cinta padanya.

Catatan TambahanTak cukup rasanya kalau hanya menyebut nama maknae berdasarkan senioritas apalagi penghasilan. Beberapa maknae grup baru juga membuktikan pengaruhnya yang sangat besar lewat popularits, keunikan pribadi, bahkan kecantikannya. Taemin Shinee misalnya sangat populer dan disukai para penggemar K Pop dan tentunya para senior. Sebelum bermunculan boy band baru, Taeminlah pemegang rekor maknae termuda dan membuat Shinee makin digilai para remaja hingga wanita dewasa.

Selain Taemin, Sungjong Infinite juga punya peran sejenis. Saat Infinite masih merintis karier sebagai artis debut, Sungjong langsung disuka karena kemampuannya membawakan tarian girl band Korea dan kebetulan Sungjong juga sangat ‘cantik” dan imut.

Dongjun Z:EA bahu membahu dengan Kwanghee dan Siwan membantu grupnya untuk bisa tetap eksis di dunia hibran Korea. Selain sering muncul dalam berbagai acara, badan kerennya pernah muncul di majalah Men's Health. Saat ini drama barunya bersama Song Seung Hoon dan Taecyeon sangat ditunggu banyak penggemar.

(hari/ade)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.387 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.489 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    928 respon

Total Respon: 9.804
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft