Mon, 12 Dec 2011 23:22:32 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Pemandangan Gerhana Bulan Total dari Seluruh Dunia (PLUS FOTO-FOTO)

SABTU (10/12) lalu, langit dihiasi oleh pemandangan gerhana bulan total. Fenomena ini tercatat sebagai gerhana bulan terakhir di tahun 2011, setelah sebelumnya gerhana bulan juga terjadi Juni lalu.


Pemandangan Gerhana Bulan Total dari Seluruh Dunia (© PLUS FOTO-FOTO)

SABTU (10/12) lalu, langit dihiasi oleh pemandangan gerhana bulan total. Fenomena ini tercatat sebagai gerhana bulan terakhir di tahun 2011, setelah sebelumnya gerhana bulan juga terjadi Juni lalu.

Seperti dilansir Associated Press, gerhana bulan kali ini terlihat jelas di kawasan Pasifik, Australia, dan beberapa bagian Asia. Sayangnya, hujan yang terus-menerus turun selama beberapa hari belakangan membuat fenomena alam ini tidak dapat dinikmati dengan jelas di Indonesia.

Gerhana bulan merupakan fenomena alam yang terjadi saat bumi berada di garis lurus antara bulan dan matahari. Cahaya matahari yang seharusnya menyorot ke arah bulan, tertutup oleh bumi dan menghasilkan bayangan gelap di permukaan bulan.

Saat bulan bergerak semakin dekat ke bayangan bumi, warna bulan berubah dari abu-abu menjadi orange atau merah darah. Perubahan warna ini terjadi karena sinar matahari menerobos atmosfir bumi dan menyentuh permukaan bulan.

Seperti diberitakan Huffington Post, Senin (12/12), kejadian alam ini menarik perhatian sejumlah wisatawan dan penduduk setempat di Hawaii. David Sayre, warga Hawaii yang turut menikmati pemandangan gerhana menyebutkan, cuaca sempat hujan di sekitar kediamannya di Oahu. Namun langit kembali cerah saat gerhana yang berlangsung selama 51 menit itu terjadi.

“Bulan segera berubah warna menjadi kemerahan dan saya langsung kamera untuk mengabadikannya,” ujar lelaki 47 tahun itu.

Kerumunan warga yang ingin menyaksikan peristiwa langka ini juga nampak di Griffith Observatory, Los Angeles. Tak kurang dari 300 orang terlihat menanti datangnya gerhana sambil duduk-duduk dan minum kopi.

Tak sempat menikmati pemandangan gerhana bulan total dari tempat tinggal Anda? Anda harus menunggu sampai 15 April 2014 untuk mengamati gerhana bulan total selanjutnya.

(rere/gur)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    253 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.021 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    42 respon

Total Respon: 1.316
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft