Mon, 08 Oct 2012 16:06:58 GMT | By Editor Panditio Rayendra, tabloidbintang.com

8 Soundtrack yang Melekat Abadi dengan Sinetronnya

Ini 8 lagu tema sinetron pilihan kami yang populer dan melekat abadi dengan sinetronnya.


8 Soundtrack yang Melekat Abadi dengan Sinetronnya

PADA era 90-an, lagu tema sinetron dibuat khusus sesuai dengan isi atau jalan cerita dari sinetronnya.

Malah, tak sedikit judul lagu tema yang sama dengan sinetronnya. Pada masa itu, sebagian besar soundtrack sinetron diciptakan oleh Chossy Pratama.

Masuk ke era 2000-an, lagu tema sinetron tak lagi dibuat khusus. Sinetron Kehormatan yang dibintangi Nafa Urbach dan Primus Yustisio, misalnya. Meminjam lagu “Kulakukan Semua Untukmu” milik Fatur dan Nadila. Atau sinetron “Amanda”-nya Agnes Monica yang memakai “Menangis Semalam”-nya Audy.

Di era stripping, mulai tahun 2006, ada beberapa lagu tema yang tidak nyambung dengan sinetronnya. Sinetron Azizah yang melambungkan Kirana Larasati dan Miller, memakai lagu “Kekasih Gelapku” milik Ungu. Padahal, tokoh Azizah dalam sinetron ini bukan selingkuhan atau kekasih gelap.

Belakangan, mulai 2011, beberapa rumah produksi mulai menciptakan lagu sendiri untuk sinetronnya. Paling banyak sinetron MD Entertainment. Judul-judul seperti Cinta Fitri season 5-7, Nada Cinta, Antara Cinta dan Dusta, Fathiyah, Tendangan Si Madun, Si Alif, dan beberapa judul lain dibuatkan lagu khusus. SinemArt sempat menerapkan pola ini untuk sinetron Ramadhan Dari Sujud Ke Sujud.

Nah, berikut ini ada 8 lagu tema sinetron pilihan kami yang populer dan melekat abadi dengan sinetronnya.

8. "Cinta Kita"

Ketika pertama tayang tahun 2007, sinetron Cinta Fitri meminjam hits “AtasNama Cinta” milik Rossa. Namun di pertengahan Cinta Fitri season 5 (2010), MD Entertainment menghadirkan lagu berjudul “Cinta Kita” yang dinyanyikan dua pemeran utamanya; Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu. Lagu ciptaan Hero ini cukup hits di zamannya. Sempat masuk chart di tangga lagu TV dan radio-radio. Sejak saat itu, sinetron yang memasangkan Shireen-Wisnu, soundtracknya juga dinyanyikan mereka. Seperti dalam Ranum dan Dia Ayu!

7. "Takdir (Kasihku yang Hilang)"

Sinetron Takdir sempat menjadi favorit pemirsa di tahun 1998, dengan bintang Desy Ratnasari, Jeremy Thomas, Mathias Muchus, Susi Adella, dan Nafa Urbach. Sinetron produksi Multivision Plus yang tayang di Indosiar ini memiliki lagu tema berjudul sama, Takdir yang dinyanyikan Desy sendiri.

Lagunya pun populer seiring sukses sinetronnya. Namun, beberapa ulama keberatan pemakaian lirik “Takdir memang kejam tak mengenal perasaan.” Blackboard selaku label yang memproduksi album soundtracknya minta maaf.Bait lagu ciptaan Chossy Pratama yang bermasalah ini lalu diganti menjadi“ Kasihku yang hilang pedih nian kenyataan.” Penjualan album Takdir pun disumbangkan untuk kaum yang membutuhkan.

6. "Untukmu Segalanya"

Awal 90-an, Onky Alexander-Paramitha Rusady boleh dibilang sebagai pasangan layar kaca yang benar-benar berpacaran, yang disukai masyarakat. Multivision Plus mempertemukan mereka dalam sinetron tayangan RCTI ini,yang juga dibintangi Elma Theana, Deddy Rizaldy, Cynthia Maramis, dan Nenny Triana.

Lagu temanya diciptakan oleh Chossy Pratama. Tidak dinyanyikan Paramitha,melainkan Novia Kolopaking. “Untukmu Segalanya” juga menjadi lagu yang identik dengan Novia selain “Bunga Mawar” dan “Asmara”.

5. "Mimpi Manis"

“Stop! Kau mencuri hatiku, hatiku! Stop! Kau mencuri hatiku..” Dewi Perssik naik daun seiring populernya sinetron Mimpi Manis (2006). Sinetron produksi MD Entertainment ini tak pernah jauh-jauh dari 5 besar sepanjang masa tayangnya. Bahkan ketika Piala Dunia 2006 mendominasi 10 besar rating mingguan, hanya Mimpi Manis dan Putri Yang Terbuang genre sinetron yang mampu menembus top 10.

Dalam album soundtracknya, sebenarnya lagu ciptaan Fazal Dath ini dibawakan oleh penyanyi baru bernama Rieka. Tapi karena di sinetron yang memainkanklipnya Depe, dan kerap dinyanyikan Depe di berbagai acara, banyak yang mengira Mimpi Manis single pertama mantan istri Saipul Jamil itu.

4. "Tersanjung"

Sinetron produksi Multivision Plus yang tayang di Indosiar ini bisa disebut sinetron yang paling lama tayang, dari tahun 1998 sampai 2005. Selain melambungkan nama-nama seperti Lulu Tobing dan Ari Wibowo, lagu temanya yang berjudul Tersanjung juga melekat di benak penonton.

Meski lagu ciptaan Chossy Pratama ini populer, dan masih kerap dinyanyikan orang saat karaoke, penyanyi aslinya Retno Susanti kurang dikenal masyarakat.

3. "Pernikahan Dini"

Agnes Monica berhasil melepas imej sebagai anak-anak dan menjadi artis remaja berkat sinetron Pernikahan Dini. Agnes, yang waktu itu berusia 15 tahun, juga dipercaya oleh Prima Entertainment untuk menyanyikan soundtrack sinetron yang dulu tayang di RCTI ini.

Saat sinetronnya menduduki peringkat 1, lagunya pun merajai tangga lagu radio di berbagai daerah. Thanks to Melly Goeslaw yang menciptakan lagu ini. Meski sinetronnya drama banget, lagunya berirama rancak dan ceria. Pas dengan gaya Agnes sebagai penyanyi.

2. "Janjiku"

Paramitha Rusady mengobral airmatanya dalam sinetron produksi Multivision Plus ini. Ia dinikahi pria yang hanya ingin balas dendam, disiksa ibu mertua dan adik ipar, plus melahirkan anak yang buta. Lagu temanya tak kalah mellow, berjudul “Janjiku”, lagi-lagi ciptaan Chossy Pratama.

Seiring popularitas lagunya, banyak yang menganggap intro lagu “Janjiku” mirip dengan intro “Goodbye” milik Air Supply.

1. "Doaku Harapanku"

Lagi-lagi sinetron produksi Multivision Plus ini mengisi top list kami. Well, sulit memang untuk melupakan sinetron yang memasangkan Krisdayanti dan Dicky Wahyudi ini. Kehadirannya sebagai pemrakarsa sinetron harian Ramadhan, membuat penonton sinetron sulit melupakannya.

Lagu temanya pun cukup mengena. Diciptakan Embi C. Noor, lagu yang liriknya berkisah tentang hubungan manusia dan Tuhannya ini dibawakan dengan penuh penghayatan oleh Krisdayanti. Sampai sekarang, kalau dengar bait “Kabulkan Ya Robbi”, rasanya ingatan langsung tertuju pada sosok Annisa (KD) dan segala penderitaannya.

(ray/yb)

1Komentar
avatar
Kok nggak ada serial ACI, 1 Kakak 7 Ponakan, Si Doel Anak Sekolahan, dan Keluarga Cemara?
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    764 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.198 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    172 respon

Total Respon: 4.134
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft