Wed, 03 Jul 2013 14:30:44 GMT | By Editor Panditio Rayendra, tabloidbintang.com

10 Sinetron Stripping Tentang Anak Tertukar dan Ditukar

Daftar yang tertera di sini, tak semuanya berumur panjang. Sepuluh judul yang tertera di sini adalah 10 judul pertama yang terlintas.


10 Sinetron Stripping Tentang Anak Tertukar dan Ditukar

Saya tak ingat pasti apa sinetron pertama yang mengangkat tema ini. Salah satu yang saya ingat ketika masih kecil, ada Saat Memberi Saat Menerima (1994) yang salah satu konfliknya tentang anak tertukar. Di sinetron mingguan era 2000-an, sejumlah sinetron juga mengangkat tema anak tertukar (atau ditukar), seperti Anakku Bukan Anakku, Demi Cinta, dan Jangan Pisahkan Kami.

Tema juga masih banyak ditemui di era sinetron harian, yang mewabah sejak tahun 2006. Sepuluh judul yang kami tampilkan di sini, hanya menampilkan anak yang tertukar atau ditukar. Jika cerita tentang bayi yang diculik (tidak ditukar), atau anak yang tak tahu siapa orangtua kandungnya sampai dewasa, tidak kami masukkan (mungkin suatu hari kami akan membuat list 10 Sinetron Anak Terpisah dari Orangtua, di mana daftarnya akan diisi sinetron Intan, Binar Bening Berlian dan sejenisnya—red).

Daftar yang tertera di sini, tak semuanya berumur panjang. Sepuluh judul yang tertera di sini adalah 10 judul pertama yang terlintas di pikiran saya.

PUTRI YANG DITUKARDendam di masa lalu membuat Amira (Nikita Willy) dan Zahira (Yasmine Wildblood) bertukar nasib. Amira sejatinya adalah anak Prabu (Atalarik Syach) dan Aini (Vonny Cornellya) dari keluarga berkecukupan. Sementara Zahira anak kandung Ihsan (Sultan Djorghy) dan Utari (Marini Zumarnis) yang hidupnya pas-pasan. Wisnu (Yadi Timo), sahabat Ihsan, dendam pada Prabu. Dulu, Aini-Ihsan berpacaran. Namun ibu Aini menjodohkan Aini dengan Prabu. Cemburu, Prabu menyuruh orang menyelakai Ihsan, yang kebetulan semobil dengan Wisnu. Gara-gara kecelakaan ini, Wisnu lumpuh. Tahu Aini dan Utari melahirkan di rumah sakit yang sama, Wisnu menukar kedua bayi itu. Putri Yang Ditukar, sinetron produksi SinemArt yang tayang tahun 2010-2011, dengan jumlah 676 episode. Sinetron terpanjang ketiga setelah Cinta Fitri dan Tukang Bubur Naik Haji: The Series.

HINGGA AKHIR WAKTUUntuk ukuran stripping, sinetron SinemArt produksi 2008 ini pendek, hanya 29 episode. Ceritanya cukup rumit. Anggrek (Marshanda) kecil hilang karena kelalaian orangtuanya. Ibunya stres berat. Suatu hari, ayah Anggrek hampir menabrak anak kecil, yang kemudian dirawatnya dan diberi nama Anggrek (Marshanda). Anggrek asli ditolong oleh seorang pria baik, dan diberi nama Kania. Anggrek asli memakai kalung, tapi dirampok. Oleh sang perampok, kalung ini diberikan pada Nilla (Ayudya Bing Slamet). Saat melihat Nilla memakai kalung ini, orangtua Anggrek asli mengira Nilla putrinya yang telah lama hilang.

BINTANGCeritanya mirip dengan Putri Huan Zhu. Sepeninggal ibunya, Bintang (Alyssa Soebandono) mencari ayah kandungnya. Ia hanya bermodalkan sepucuk surat. Dalam perjalanan, Bintang berkenalan dengan Riang (Ayudya Bing Slamet). Suatu kesalahan pahaman terjadi. Saat Riang memegang surat almarhumah ibu Bintang, ia bertemu dengan ayah kandung Bintang. Sontak, pria ini mengira Riang adalah Bintang, putri kandungnya. Sinetron produksi SinemArt tahun 2006 berjumlah 132 episode ini juga dibintangi Samuel Zylgwyn dan Ivan Permana.

DIVASeorang wanita diancam akan dicerai suaminya jika tak bisa memberinya anak. Wanita ini berhasil hamil, tapi bayinya yang berjenis kelamin perempuan meninggal setelah dilahirkan. Pembantu yang kasihan, menukar dengan bayi laki-laki, Angkasa (Baim Wong). Pasangan itu tak jadi bercerai. Namun bayi perempuan itu ternyata masih hidup, meski matanya buta. Oleh seorang nenek yang merawatnya, bayi ini diberi nama Diva. Setelah dewasa, Diva dan Angkasa bertemu dan jatuh cinta, tanpa tahu rahasia besar masa lalu mereka. Sinetron produksi SinemArt tahun 2008 ini berjumlah 38 episode.

DEWASedih karena anak laki-lakinya meninggal, Ruslan (Teuku Firmansyah) dan Gita (Cindy Fatikasari) mengangkat anak perempuan, tapi dibesarkan seperi laki-laki. Setelah dewasa, gadis yang diberi nama Dewa (Naysilla Mirdad) itu tumbuh sebagai sosok yang tomboy. Ruslan dan Gita tak tahu bahwa Sakti (Dude Harlino), sopir mereka, adalah anak laki-laki yang dikira sudah meninggal. Sakti dibesarkan oleh Dini (Mona Ratuliu), yang ternyata ibu kandung Dewa. Sinetron produksi SinemArt yang tayang tahun 2011-2012 ini berjumlah 175 episode.

CINDERELLAPengabdian Marlina (Lydia Kandou) sebagai pembantu setia Tia (Nena Rosier) dan Bayu (Tasman Taher) seolah sia-sia. Marlina justru diusir karena dituduh mencuri. Sakit hati, Marlina lalu menculik bayi perempuan Tia-Bayu. Tak mau istrinya sedih, Bayu yang tahu putrinya diculik mencari bayi lain yang kebetulan lahir di hari yang sama. Tia tak tahu jika bayi laki-laki itu bukan anaknya. Tahun berlalu. Bayi yang diculik Marlina telah tumbuh jadi gadis cantik, Cinta (Cinta Laura). Sementara putra Tia-Bayu bernama Rasya (Galih Ginanjar). Cinta kerap diperlakukan seperti pembantu oleh Marlina. Sementara Rasya hidup dengan penuh kemewahan. Sempat saling benci, Cinta-Rasya akhirnya jatuh cinta. Namun Tia tak merestui karena Cinta berasal dari keluarga miskin. Tia tak tahu gadis miskin yang dibencinya adalah putri kandungnya. Sinetron produksi MD Entertainment tahun 2007 ini berjumlah 308 episode.

MAWAR MELATIAnna (Rheina Mariyana) menaruh dendam pada Adwin (Ari Wibowo), pria yang menghamili lalu mencampakkannya. Adwin mendepak Anna karena ia sebenarnya telah memiliki istri, Renata (Febby Febiola), yang juga sedang hamil. Kebetulan, Anna dan Renata melahirkan di saat bersamaan. Tak mau putrinya hidup susah, Anna lalu menukar bayinya dengan bayi Renata. Setelah dewasa, Melati (Chelsea Olivia) diperlakukan Anna bak pembantu. Sementara Mawar (Aryani Fitriyana), hidup serba berkecukupan di asuhan Adwin-Renata. Tayang tahun 2010, sinetron produksi MD Entertainment ini berjumlah 72 episode.

ANTARA CINTA DAN DUSTADi awal penayangan, tidak ada tanda-tanda sinetron ini menampilkan cerita anak tertukar. Antara Cinta dan Dusta mulanya mengisahkan perjalanan hidup gadis desa Atikah (Chelsea Olivia) yang mengadu nasib di Jakarta setelah calon suaminya meninggal. Terjadi cinta segitiga antara Atikah, Sultan (Evan Sanders) dan Naira (Irish Bella). Di tengah cerita, baru diketahui bahwa Atikah-Naira ditukar ketika bayi. Sinetron berjumlah 223 episode ini merupakan produksi MD Entertainment tahun 2011

SEGALANYA CINTAMotif dendam masih menjadi penyebab karakter orangtua di masa lalu menukar bayinya. Bedanya, kali ini ayah yang berulah dengan melakukan dan menyimpan rahasia telah menukar putrinya dengan putri pria yang menikahi mantan pacarnya. Ibu dari bayi-bayi ini justru tidak tahu jika putrinya telah ditukar. Sampai keduanya tumbuh remaja; Salsa (Chelsea Olivia) dan Billa (Estelle Linden). Seperti rumus sinetron anak tertukar lain, dua gadis ini mencintai pria yang sama: Rifky (Adly Fairuz). MD Entertainment memproduksi sinetron berjumlah 32 episode pada tahun 2012

DUA HATI SATU CINTAGara-gara dendam tidak dipinjami uang oleh majikan, seorang pembantu menukar anak majikannya dengan anak pembantu lain yang kerja di rumah yang sama. Rahasia ini tersimpan sampai kedua bayi perempuan ini duduk di bangku kuliah. Sinetron bernuansa dangdut ini seperti memadukan drama Thailand Phoenix's Blood dan drama Korea Endless Love. Dewi (Poppy Bunga), anak pembantu yang sempat dikira anak majikan, jatuh cinta dengan Dewa (Rico Verald), pria yang selama ini dianggapnya sebagai kakak. Sinetron produksi Gentabuana Paramita ini tayang tahun 2013 selama sebulan.

Apa sinetron tentang anak tertukar yang paling Anda kenang?

(ray/ade)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.436 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.538 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    344 respon

Total Respon: 8.318
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft