okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 16 Apr 2012 17:57:46 GMT | By fetra, okezone.com

Fosil Dinosaurus Terbesar Ditemukan di China



Fosil Dinosaurus Terbesar Ditemukan di China

BEIJING - Ahli Paleontologi asal China mengumumkan mereka telah menemukan fosil dinosaurus terbesar yang ditemukan di wilayah barat laut Xinjiang, China.

Dilansir Xinhuanet, Senin (16/4/2012), fosil ini menunjukkan dinosaurus berjenis pemakan tumbuhan atau herbivora dengan panjang 35 meter serta berat sekira 30 ton. Kepala tim ekspedisi dan Deputy Executive Director of China Research Society of Paleontology, Sun Ge mengatakan dalam konferensi pers di Shanshan County bahwa fosil itu ditemukan dalam strata Middle Jurassic Period yaitu sekira 165 juta tahun lalu.

Temuan ini menjadikan rekor terungkapnya dinosaurus terpanjang yang pernah ditemukan di negara yang terkenal dengan The Great Wall tersebut. Sebelumnya, fosil dinosaurus terpanjang pernah ditemukan dengan panjang 30 meter.

Sun mengatakan, tim ekspedisi akan terus melanjutkan penggalian fosil dan berharap mendapatkan kerangka dinosaurus yang lengkap. Tidak hanya itu, anggota tim juga menggali fosil gigi yang ternyata milik hewan purbakala bernama Carnosaur yang letaknya tidak jauh dari fosil dinosaurus herbivora tersebut.

"Kami berharap penggalian ini akan memantu mengungkap lebih banyak bukti yang menunjukkan apa yang menyebabkan terjadinya kematian makhluk raksasa ini," ujar Sun Ge.

Tim ekspedisi terdiri dari para ahli dari Jilin University, Shenyang Normal University dan Xinjiang Geological Survey Institute. Mereka memulai ekspedisi di wilayah Shanshan sejak Oktober tahun lalu.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.247 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    952 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    365 respon

Total Respon: 5.564
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft