okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 22 Nov 2011 08:33:05 GMT | By tyo, okezone.com

Meditasi Mampu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh



Meditasi Mampu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

CONNECTICUT - Melakukan meditasi bisa membuat seseorang merasakan relaksasi dan tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Dalam sejarahnya, para rahiblah yang paling lama mengenal praktek ini, namun sekarang meditasi telah menjadi gaya hidup untuk orang-orang yang mendambakan rasa damai.

Sebagian orang bertanya-tanya tentang apa yang dipikirkan mereka yang sedang bermeditasi. Namun, sekelompok peneliti dari Yale University dan Judson A. Brewer, asisten profesor untuk psikiatri bertanya-tanya tentang apa yang terjadi di dalam otak orang yang sedang bermeditasi.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para peneliti melakukan scan functional magnetic resonance imaging terhadap praktisi meditasi profesional dan pemula, seiring dengan variasi teknik meditasi yang mereka lakukan.

Peneliti berhasil mengetahui, praktisi meditasi profesional mengalami pengurangan aktivitas pada wilayah jaringan modus standar, di otak mereka. Jaringan ini berhubungan dengan gangguan konsentrasi dan penyimpangan seperti kecemasan, kekurangan konsentrasi, hiperaktivitas, dan Alzheimer. Meskipun menggunakan teknik yang berbeda-beda, praktisi meditasi profesional tetap mampu menghentikan beberapa area aktivitas otak.

Selain menghentikan aktivitas jaringan modus standar di otak, hasil scan pada praktisi meditasi profesional menunjukkan aktivasi wilayah otak tertentu, yaitu yang berkaitan dengan kendali kognitif dan kontrol diri. Sementara itu, hasil scan pada praktisi pemula tidak menunjukkan adanya aktivitas serupa.

Hal ini berarti praktisi meditasi profesional melakukan pengendalian dan menekan pikiran mengenai dirinya sendiri, atau dengan kata lain mencegah pikiran mereka melayang.

Seperti dilansir InternasionalBusinessTimes, Selasa (22/11/2011), penemuan ini memberi bukti bahwa meditasi dapat membantu pemulihan berbagai masalah kesehatan. Meditasi juga memiliki manfaat lain, seperti mengurangi konsumsi oksigen, mengurangi kecepatan nafas, melancarkan aliran darah, mengurangi tegangan otot, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, membantu menurunkan berat badan, memperlambat proses penuaan, dan mengobati sakit kepala atau migrain.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.385 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.488 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    928 respon

Total Respon: 9.801
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft