okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 22 Nov 2011 17:47:48 GMT | By tyo, okezone.com

Populasi Burung Pipit di Jepang Mendadak Turun



Populasi Burung Pipit di Jepang Mendadak Turun

TOKYO - Diantara bermacam jenis burung liar, burung pipit adalah jenis yang paling familiar dan tersebar di berbagai penjuru dunia. Namun, populasi burung pipit di Jepang saat ini semakin berkurang, sementara hal serupa juga terjadi pada populasi burung pipit di Eropa.

Penyebab berkurangnya populasi burung pipit masih menjadi misteri, tapi para peneliti menduga ini berkaitan dengan pertumbuhan urban yang tidak terkendali dan arsitektur modern yang membuat burung tersebut kehilangan habitat alami dan tempat bersarangnya di kota, juga kelangkaan serangga yang merupakan pakan utama mereka.

Dilansir melalui AsahiShinbun, Selasa (22/11/2011), ketika masih banyak rumah-rumah tradisional di Jepang, burung pipit biasanya membuat sarang di sela-sela atap rumah, tapi perubahan desain rumah membuat hal itu tidak mungkin dilakukan lagi.

Peneliti mengatakan, populasi burung pipit di Jepang kini telah berkurang sekira 60 persen dalam waktu dua dekade.

Perhitungan tersebut dibuat oleh tim peneliti dari Rikkyo University, Tokyo, dan Iwate Medical University, Iwate, berdasarkan hasil pengamatan dari Yamashita Institute for Ornithology.

Gen Moritomo, peneliti dari Lab of Animal Ecology, Rikkyo University, dan Osamu Mikami, asisten profesor biologi dari Iwate Medical University, memakai hasil pengamatan tersebut untuk menghitung indikasi penurunan jumlah burung pipit, setelah para ornitolog dan pengamat burung meningkatkan kewaspadaan mereka.

Yamashita Institute for Ornithology merancang 31 situs pengawasan burung. Semua burung yang terbang melintasi kawasan ini ditangkap untuk dianalisa.

Antara tahun 1987 sampai 2008, kurang lebih 70.000 burung setiap tahunnya ditangkap di lokasi-lokasi tersebut. Awalnya, dari jumlah total tersebut, sekira 4.000 atau 6 persen burung pipit termasuk ke dalamnya. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, jumlah burung pipit yang ditangkap menjadi hanya sekira 100 atau kurang dari 2 persen.

Setelah memasukkan tren yang marak di Jepang, fluktuasi periodik, dan faktor-faktor lain sebagai bahan pertimbangan, tim peneliti tersebut menyimpulkan jumlah burung pipit menurun sekira 60 persen dalam 21 tahun.

"Meskipun mengomputasikan populasi burung dengan statistik yang belum pernah kami gunakan, kesimpulan yang kami dapatkan tentang penurunan jumlah burung pipit ini tetap sama," kata Morimoto.

"Jumlah burung pipit terus berkurang. Itu yang dapat kami pastikan," tandasnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.343 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.297 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    471 respon

Total Respon: 7.111
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft