okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 15 Nov 2011 17:42:11 GMT | By tyo, okezone.com

Peneliti Temukan Pulau yang Tenggelam



Peneliti Temukan Pulau yang Tenggelam

PERTH - Peneliti telah menemukan dua pulau besar yang tenggelam di samudra Hindia, sebelah barat Perth. Pulau tersebut dulunya berada di atas permukaan laut, dan membentuk bagian terakhir dari jalur yang menghubungkan India dan Australia.

Para peneliti dari University of Sidney, Macquaire University, dan University of Tasmania menemukan pulau tersebut ketika melakukan pemetaan dasar laut Perth Abyssal Plain.

"Data yang terkumpul selama penjelajahan bisa mengubah pemahaman kita tentang bagaimana India, Australia dan Antartika terpisah dari Gondwana," kata Dr. Joanne Whittaker, ahli geologi dari University of Sydney.

"Kami berharap melihat batuan laut seperti basalt saat mengeruknya, mengejutkan sekali ketika yang kami temukan berupa batuan benua seperti granit, gneiss, dan batu apung yang mengandung fosil," tambah Dr. Simon Williams, pimpinan ekspedisi dari University of Sidney.

Seperti dilansir melalui Perthnow, Selasa (15/11/2011), pulau tersebut disebut sebagai 'micro-continents', dan terbentuk ketika India mulai menjauh dari Australia kurang lebih 130 juta tahun yang lalu pada periode Cretaceous. Kemudian pulau itu terdampar ribuan kilometer dari pantai seiring dengan padatan tanah yang makin terpisah.

"Analisis mendetail terhadap batuan yang dikeruk dari pulau tersebut akan memberi kita jalan untuk mengetahui usia, dan bagaimana pulau tersebut pernah jadi bagian Gondwana," kata para peneliti itu.

Dr Whittaker menambahkan, "Pulau yang kami temukan itu memiliki permukaan yang datar. Ini mengindikasikan bahwa sebelumnya pulau itu berada di atas permukaan laut, yang kemudian pelan-pelan mulai tenggelam."

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.292 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.210 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    886 respon

Total Respon: 9.388
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Berita Unik

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft