Thu, 22 Aug 2013 18:00:00 GMT | By Dan Sung, contributor, MSN Tech

Ulasan Samsung Galaxy Mega

Smartphone ini sangat, sangat, sangat besar.


Smartphone apakah ini?
Samsung Galaxy Mega adalah smartphone terbesar yang pernah Anda lihat. Tanpa stylus dan bukan smartphone tercepat namun ini adalah Android dalam ukuran besar. 

Apa kelebihannya?
Layar, layar, dan layar; oh, dan antarmuka Samsung Mega UX memiliki banyak kelebihan untuk kita nikmati.

Apa kekurangannya?
Hmm.....tidak ada. Smartphone ini sangat keren.

Kesimpulan:
Smartphone ini bagus dengan harga yang masuk akal.  

Samsung Galaxy Mega (© Samsung)

Samsung Galaxy Mega: Review

Kami tidak akan mengklaim bahwa Samsung Galaxy Mega adalah smartphone terbesar di dunia. Kalaupun memang benar, tidak diragukan lagi itu tidak akan bertahan lama. Meskipun begitu, telepon tersebut sejauh ini merupakan telepon genggam terbesar yang pernah ada. Jadi, apakah ukuran berpengaruh

Model telepon tersebut tidak sebanding dengan produk unggulan perusahaan Korea tersebut – Samsung Galxy S4 – namun sepertinya tim perancang produk Samsung masih merasa bahwa bentuk yang megah adalah dimensi yang patut dijelajahi. Kita sudah pernah melihat Samsung Galaxy Note 2 yang berukuran 5 inci (14,2 cm). Kita sangat menyukainya, namun smartphone itu hanya menyesuaikan keberadaan mereka dengan S Pen dan perangkat office serta kecenderungan produktivitasnya, namun smartphone selebar 6,3 inci (16 cm) ini mengalahkan pamor Galaxy Note tersebut dan tanpa harus memiliki stylus untuk menyainginya.

Menurut penilaian pembuatnya, Mega “menggabungkan kemudahan untuk dibawa dan kenyamanan sebuah smartphone dengan kekuatan, kemampuan mengerjakan berbagai macam tugas dan penampilannya yang seperti tablet,” namun apakah Samsung Galaxy Mega melangkah terlalu jauh? Berikut ini adalah pendapat dari ahli teknologi MSN.

Samsung Galaxy Mega: Ukurannya jumbo  

Baiklah, mari kita langsung ke pokok permasalahan. Ini adalah telepon yang sangat, sangat besar. Ukurannya benar-benar menggelikan. Saat Anda mengeluarkan benda itu dari kotaknya, kapan pun Anda mengeluarkannya dari saku Anda, ketika Anda menempelkannya di telinga untuk melakukan panggilan telepon, Anda bisa menjamin bahwa ukurannya yang benar-benar konyol itu bisa membuat orang lain melihatnya dengan aneh. Mereka akan tertawa, terbahak, dan, ya, mereka bahkan akan mengolok-ngolok; namun, mereka semua akan sangat terkejut.

Jadi, reaksi pertama seseorang adalah mereka berpikir bahwa dunia ini sudah benar-benar kacau. Samsung Galaxy Note II saja sudah cukup gila, tapi ini? Lalu, jika Anda jujur, sebuah pertanyaan mendasar muncul yang harus dijawab dengan cara yang paling diplomatis, dan pertanyan itu adalah – seberapa besarkah terlalu besar itu?

Supaya Anda tidak kesulitan mencari, kami akan memberitahukan jawabannya. Selama masih mungkin bagi untuk Anda membawa telepon tersebut ke mana pun yang Anda mau, maka artinya telepon itu tidak terlalu besar. Dan Samsung Galaxy Mega akan pas di dalam saku standar dari celana jeans pria – baik yang model skinny atau yang lain. Walaupun bentuk saku untuk wanita lebih kecil, mereka memiliki pilhan untuk menyimpan ponsel itu di dalam sebuah tas tangan atau tas sejenisnya. (Fakta terakhir ini mencabut batas ukuran layar untuk seluler yang dirancang untuk wanita.)

Jadi, untuk telepon dengan ukuran 88 x 168mm dan dengan berat masih di bawah 200gr, dan sama tipisnya dengan super smartphone apa pun setebal 8mm – kami rasa tidak ada masalah dengan Samsung Galaxy Mega. Setiap ponsel tipe Galaxy, bodinya masih sangat plastik, namun secara umum, penampilannya terlihat dan terasa bagus.

iPad and Samsung Galaxy Mega (© Dan Sung)

Samsung Galaxy Mega: Layar yang sempurna


Ruang yang sangat besar tentu saja memberikan keuntungan bagi layar Super Clear LCD dengan lebar 16cm.  Satu-satunya yang disayangkan adalah bahwa layarnya beresolusi 1280 x 720px ketika seharusnya lebih bagus jika Full 1080p HD.  Meski demikian, kekurangan pada spesifikasi itu tidak mengurangi yang sangat luar biasa untuk para penggunanya. Semuanya terlihat lebih baik ketika ukurannya besar.

Mengambil gambar. Anda tidak akan pernah memotret dengan menggunakan tampilan layar besar sebelumnya. Samsung Mega memilki ukuran lebih besar 4x dari salah satu ukuran yang Anda gunakan pada kamera compact atau DSLR. Perangkat ini membuat pengambilan gambar jauh lebih menyenangkan, dan Anda akan merasa bahwa setiap foto yang Anda ambil akan selalu bagus. Namun faktanya adalah foto Anda tidak akan membaik. Perangkat ini hanya memiliki kamera belakang 8 megapiksel, tapi bisa membuat seni yang lebih menarik.

Menjelajahi OS Android juga sesuatu yang sangat menyenangkan. Perangkat Samsung sebelumnya sangat luar biasa dalam sensitivitas layar sentuh dan reproduksi warna, begitu juga dengan Samsung Galaxy Mega. Kami tidak akan mengatakan bahwa tugas normal membaca halaman situs atau email lebih baik dari smartphone berukuran 4 atau 5 inci namun tentu tidak ada salahnya untuk melakukan semuanya dalam layar yang lebih besar.

Layar ini benar-benar unggul jika digunakan untuk menonton video, TV dan film. Ini seperti menggunakan tablet. Baiklah, jujur saja Mega ini hanya memiliki panjang diagonal 1,8cm lebih pendek dari Google Nexus 7. Jadi, Anda akan puas ketika menonton, dan untuk pertama kalinya Anda mungkin akan merasa bahwa ini adalah satu-satunya gadget yang Anda perlukan.

 

Samsung Galaxy Mega: Kinerjanya?

Samsung Galaxy Mega tidak memiliki spesifikasi terbaik. Perangkat ini dijalankan dengan prosesor dual-core bukan quad core. Dilengkapi RAM 1,5GB bukan 2GB, tapi jangan langsung percaya yang mengatakan bahwa angka kecil tersebut pasti menimbulkan  masalah saat dioperasikan. Ponsel ini tidak mengalami banyak kendala.

Buka aplikasi yang Anda suka sebanyak-banyaknya, streaming video Full HD, memainkan game bergrafik berat dan Anda tidak akan melihat layarnya melambat sedikit pun atau macet saat Anda menavigasi OS Android.  Tentu saja, jika Anda mengaktifkan semua dalam perangkat ini, bisa terjadi gangguan pada ponsel Anda, tapi pada kenyataannya ponsel ini memiliki ruang mesin yang cukup memenuhi kebutuhan besar penggunanya.

Samsung Galaxy Mega: Mega UX

Nature UX dari ponsel Galaxy S diubah namanya menjadi Mega UX untuk ponsel ini. Pada kenyataannya, Anda mendapatkan banyak fitur yang sama dengan Note 2, tentu saja, tanpa stylus S.

Itu berarti bahwa Anda mendapatkan sebagian besar fitur terbaik yang Anda lihat dan baca di Samsung Galaxy S4. Ada S Translate, untuk menerjemah suara dan bahasa teks secara langsung; Group Play, yang menggunakan NFC antara perangkat yang kompatibel untuk mengubah semua ponsel menjadi speaker musik dari sumber audio yang sama; WatchOn, yang berfungsi sebagai remote control untuk televisi Anda serta panduan yang diatur sendiri tentang acara TV, dan banyak lagi yang lainnya. 

Beberapa fiturnya bekerja dengan lebih baik. Tanpa terganggu oleh terlalu banyak detail, kelemahan S Translate adalah membutuhkan perangkat lunak pengenalan suara yang benar-benar baik dan koneksi internet untuk bisa bekerja dengan baik. Kedua syarat tersebut sepertinya agak susah dipenuhi jika Anda sedang berjalan-jalan. WatchOn sudah cukup baik tapi Anda memerlukan TV terbaru agar bisa WatchOn bisa digunakan sebagai remote kontrol, dan Group Play perlu kesempatan yang sangat spesifik agar bisa berguna.

Sebaliknya, Wi-Fi Direct dan Multi-View adalah yang terbaik. (sistem memo S Note sangat menyenangkan tapi kurang menyenangkan tanpa stylus.) Wi-Fi Direct adalah kemampuan untuk terhubung secara nirkabel dengan gadget lain di dekatnya - printer, kamera, TV, ponsel, dll - tanpa perlu jaringan Wi-Fi dan terhubung ke internet. Dengan kata lain, Mega menciptakan jaringan kecil untuk digunakan. Sangat berguna untuk mentransfer segala macam file antar perangkat di mana pun Anda berada. Multi-View memungkinkan Anda untuk membagi layar Mega menjadi dua bagian dan menjalankan aplikasi terpisah secara bersamaan tetapi dengan keduanya ada di layar. Aplikasi ini hanya bekerja pada 15-20 dari aplikasi inti tapi masih merupakan fitur yang menarik.

Ada beberapa detail  dan bagian yang hilang dari UI seperti Smart Pause dan beberapa fitur deteksi yang Anda dapatkan pada S4, tetapi sebagian besar gesture menyenangkan masih ada termasuk Air View untuk mengoperasikan telepon tanpa harus menyentuh layar.

Untuk perangkat lunak dan UI lainnya, hanya ada sangat sedikit kekurangan. Jika Anda pernah menggunakan Samsung Galaxy S III atau gadget Galaxy lainnya, maka hampir semua perangkat  lunaknya akan terasa familiar. Mudah, menarik, dan menyenangkan untuk digunakan, Android 4.2 Jelly Bean cukup untuk memenuhi apa yang Anda harapkan.

 

Samsung Galaxy Mega Dual View (© Dan Sung)

Samsung Galaxy Mega: Baterai dan Koneksi

Orang mungkin berpikir bahwa layar besar, ditambah dengan bentuk datar, akan menyiksa baterai Mega. Faktanya, Mega bisa bertahan satu setengah hari dengan penggunaan sedang hingga berat sebelum baterainya habis. Mengingat Mega hanya memiliki dua core dan tidak menggunakan layar 1080p, baterai 3.200 mAh yang cukup besar sudah sangat mumpuni, dan itu sudah sangat cukup jika Anda ingin menggunakan Mega sebagai tablet dan telepon.

Di sisi koneksi, ada banyak hal menyenangkan. Tidak hanya Mega bisa menggunakan jaringan 4G tapi juga memiliki radio Wi-Fi yang kompatibel dengan standar nirkabel yang paling modern untuk jarak yang lebih jauh dan kecepatan yang lebih baik, asalkan Anda memiliki router top-end yang bisa mengimbanginya.

NFC juga tersedia, seperti fitur Wi-Fi Direct yang disebutkan di atas dan tidak ada yang hilang di sini.

 

Samsung Galaxy Mega: Penilaian akhir

Kami suka dengan layar yang sangat besar meskipun Mega menjadi seperti Peter Crouch-nya telepon seluler. Mega bisa bekerja dengan baik sebagai tablet untuk menonton film dan browsing web serta cocok di saku celana.

Yang paling mengejutkan adalah Andabisa memiliki Mega dengan harga di bawah Samsung Galaxy S4 yang kemampuannya hanya sedikit berbeda dengan Mega. Lupakan mid-range, lupakan flagships. Jika Anda ingin Android, Samsung Mega bisa menjadi pilihan pertama.

5 stars

 

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.042 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.509 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    770 respon

Total Respon: 8.321
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft