Republika Online
Updated: Wed, 03 Jul 2013 17:57:57 GMT

Selamat Datang Facebook dan Twitter di Iran



Selamat Datang Facebook dan Twitter di Iran

Selamat Datang Facebook dan Twitter di Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa negara seperti Indonesia membebaskan rakyat untuk menggunakan media sosial. Namun, ada negara-negara yang mengharamkan Facebook dan Twitter. Tak terhitung berapa kali ulama dan pejabat Arab Saudi menghina pengguna Twitter.

Apalagi negara seperti Iran yang menjalankan kebijakan tertutup di era Mahmoud Ahmadinejjad. Kontrol terhadap media internet meningkat sejak tahun 2005 di negeri para Mullah itu. Internet kala itu menjadi satu cara bagi warga Iran mencari informasi di tengah ketatnya aturan media di sana.

Jutaan rakyat Iran 'berselancar' tiap saat, termasuk mengakses Facebook dan Twitter dengan perangkat lunak anti-fiter atau virtual private network services. Namun, kini ada secercah harapan dari Presiden baru, Hassan Rouhani, yang mereka, rakyat Iran pilih sendiri.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah remaja Chelcheragh, seperti dikutip dari Al Arabiya, Rouhani mengatakan akan mengizinkan penggunaan internet.

Kepada media yang kemudian dikutip The Guardian, ulama moderat itu berjanji akan berusaha untuk meminimalisir sensor terhadap internet, termasuk media sosial. Bagi dia, aturan sensor yang ketat akan sia-sia.Ia mengaku memang ada alasan politik dibalik sensor terhadap internet. Karena mungkin ada yang takut masyarakat terlalu besar melalui dunia online.

''Namun kontrol ini tak menghasilkan apapun...,'' ucap dia dikutip dari Al Arabiya, Rabu (3/7).

Rouhani pun kemudian balik bertanya, khususnya kepada para pendukung kontrol ketat terhadap internet. Ia menyatakan apakah ada hasil signifikan dari upaya membatasi informasi. Termasuk pada bulan Maret ketika pemerintah mengambil langkah mengekang kebebasan berinternet dengan memblokir penggunaan VPN.

1Komentar
4 Jul, 2013 13:03
avatar
Katanya diHaramkan, Katanya Anti Amerika.
Kok yang diPakai Produk Produk Internet & Jejaring Sosial asal Amerika ???

Mana bisa Hidup Tanpa Hal Hal itu Semua ???
Sadarlah jika Berbicara !!! Jangan Lupa Berkaca !!!

Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.726 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.104 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    403 respon

Total Respon: 6.233
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft