Republika Online
Updated: Wed, 27 Feb 2013 21:50:00 GMT

Satelit Singapura Deteksi 28 Titik Panas di Sumatra



Satelit Singapura Deteksi 28 Titik Panas di Sumatra

Satelit Singapura Deteksi 28 Titik Panas di Sumatra

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Satelit 'National Oceanic and Atmospheric Administration' (NOAA) 18 yang dioperasikan Singapura mendeteksi kemunculan sebanyak 28 titik panas (hotspot) di daratan Pulau Sumatra, 11 di antaranya berada di Riau.

"Selain di Riau, titik panas juga terdeteksi di daratan Jambi dengan jumlah mencapai 13 titik dan Sumatra Barat ada tiga titik. Kemudian di Sumatra Utara juga terdeteksi satu titik panas," kata Analis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Ardhitama di Pekanbaru, Rabu (27/2) malam.

Khusus di Provinsi Riau, demikian Ardhi, titik panas tersebar di sebanyak lima kabupaten, meliputi Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu masing-masing empat hotspot.

Kemudian titik panas juga terdeteksi berada di Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi dan Meranti, masing-masing menurut dia terdapat satu hotspot.

Jumlah tersebut menurutnya cenderung meningkat dibandingkan dengan hari sebelumnya (Selasa 26/2) dimana titik panas Sumatra terdeteksi berjumlah 11 titik.

Sebelas titik panas itu, demikian Ardhi, masing-masing berada di Provinsi Jambi sebanyak lima titik, Bengkulu ada satu titik, Sumatra Selatan ada dua titik, dan terakhir di Riau ada tiga titik panas.

"Untuk tiga titik panas di Riau itu, terdeteksi berada di daratan Kabupaten Pelalawan (dua) dan Kuantan Singingi (satu)," katanya.

Menurut Ardhi, kemunculan titik panas untuk sebagian wilayah Sumatra khususnya Riau, pada penghujung Februari 2013 berkemungkinan bertambah.

"Tergantung dari cuaca, jika potensi hujan minim, maka sangat dimungkinkan adanya penambahan hotspot," katanya.

Sebaliknya, lanjut dia, jika justru cuaca di Riau aktif dilanda hujan, terlebih dengan intensitas yang tinggi, berkemungkinan titik api akan hilang.

Namun dari hasil monitoring citra satellite awan, analisa streamline dan kondisi fisis serta dinamis atmosfer, kata Ardhi, pada umumnya cuaca di wilayah Provinsi Riau untuk dua hari kedepan cerah hingga berawan.

Hujan dengan intensitas ringan menurut dia, diperkirakan bakal terjadi pada malam atau dini hari di wilayah Riau bagian utara serta sebagian selatan termasuk Kota Pekanbaru.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    611 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.539 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    131 respon

Total Respon: 3.281
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft