Republika Online
Updated: Wed, 06 Mar 2013 11:58:24 GMT

Penetrasi Internet Indonesia Capai 30 Persen



Penetrasi Internet Indonesia Capai 30 Persen

Penetrasi Internet Indonesia Capai 30 Persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Internet semakin menjadi salah satu kebutuhan penting dalam hidup manusia. Penetrasi internet dari tahun ke tahun terus meningkat.

Sepanjang 2012 penetrasi internet di Indonesia mencapai 30 persen. Rasio ini naik empat poin bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Sosial media merupakan tujuan utama penggunaan internet di Indonesia," ujar Managing Director PT Nielsen Company Indonesia Irawati Pratignyo di Jakarta, Rabu (6/3).

Pertumbuhan penggunaan internet yang signifikan juga terlihat pada pengunduhan perangkat lunak, yaitu tumbuh dari 33 persen menjadi 37 persen.

Ira mengatakan hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya aplikasi yang dapat diunduh pengguna internet melalui telepon seluler, smartphone dan tablet.

Masyarakat menghabiskan waktu setidaknya 2 jam per hari untuk berselancar di dunia maya. Penggunaan internet juga lebih banyak dilakukan di rumah, yaitu dengan porsi 47 persen.

Hal ini didukung oleh penggunaan modem dan mobile data. "Setahun lalu internet masih diakses dari warung internet dan kantor," ujar Ira.

Ponsel dan personal computer (PC) masih menjadi media utama masyarakat untuk mengakses komputer. Porsinya masing-masing adalah 56 dan 59 persen.

Penetrasi ponsel di Indonesia tumbuh tipis dari 59,7 persen pada 2011 menjadi 60,4 persen. Penetrasi smartphone sendiri masih sangat kecil, yaitu 15 persen.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.343 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.297 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    471 respon

Total Respon: 7.111
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft