Republika Online
Updated: Fri, 11 Apr 2014 17:45:58 GMT

BMKG: 15 April Terjadi Gerhana Bulan Total



BMKG: 15 April Terjadi Gerhana Bulan Total

BMKG: 15 April Terjadi Gerhana Bulan Total

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gerhana bulan total akan terjadi pada 15 April 2014.

"Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia kecuali Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sumatera," kata Kepala BMKG, Andi Eka Sakya, di Jakarta, Jumat (11/4).

Andi menjelaskan wilayah Indonesia hanya dapat mengamati bagian akhir dari proses gerhana bulan tersebut.

Pada gerhana bulan total, bulan akan tepat berada pada daerah umbra yaitu bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.

Lebih lanjut, dia mengatakan gerhana bulan total tersebut juga dapat diamati dari Afrika bagian barat, Eropa bagian barat dan Samudera Atlantik saat bulan sedang terbenam.

Seluruh proses gerhana akan dapat diamati dari Amerika Selatan bagian barat dan Amerika Utara serta Samudera Pasifik bagian timur.

Proses gerhana saat bulan terbit dapat diamati di Samudera Pasifik bagian barat, Australia dan Asia bagian timur. Namun, keseluruhan proses gerhana tidak dapat diamati dari daerah Asia, Afrika bagian timur dan Eropa bagian timur.

Pada 2014 diprediksi akan terjadi empat kali gerhana yaitu gerhana bulan total pada 15 April, gerhana matahari cincin pada 29 April, gerhana bulan total pada 8 Oktober dan gerhana matahari sebagian pada 23 Oktober 2014.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    20 %
    Setuju
    270 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    1.070 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    42 respon

Total Respon: 1.382
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft