Copyright - Tabloid PCplus (© Copyright - Tabloid PCplus)
Mon, 22 Apr 2013 19:41:05 GMT | By Yohannes Suwarto, www.tabloidpcplus.com

Tablet Muscle Power Ultra Tab 9.7

Tablet Apple Rasa Lokal Buat mereka yang sudah lama berharap memiliki iPad tapi terbentur soal dana mungkin memutuskan membeli tablet yang lebih terjangkau.


Tablet Muscle Power Ultra Tab 9.7

Tablet Apple Rasa Lokal

Buat mereka yang sudah lama berharap memiliki iPad tapi terbentur soal dana mungkin memutuskan membeli tablet yang lebih terjangkau.

Ya, saat dibuatnya tulisan ini, iPad terbaru dengan koneksi Wi-Fi masih harus ditebus dengan harga Rp 6 jutaan. Nilai yang bagi banyak orang tentu terasa mahal. Namun, daripada hanya membeli sekedar tablet biasa mengapa tak mencoba tablet lain yang desainnya serupa sabak populer besutan Apple itu? Setidaknya kamu  bisa ikut bergaya dengan tablet yang “serupa” dengan iPad.

PCplus menerima tablet Muscle Power Ultra Tab 9.7 yang desain luarnya memang mirip dengan iPad 3, termasuk juga bentuk tombol fisiknya. Tablet berlayar 9,7” IPS ini ternyata mengusung brand Muscle Power yang sebelumnya lebih dikenal dengan produk memori utama dan power supply. Agaknya distributor ingin memanfaatkan tren tablet  untuk memperluas portofolio mereka, meski hal ini sebenarnya bersifat untung-untungan mengingat merek mereka kurang dikenal di segmen gadget mobile.

Seperti halnya tablet ekonomis lainnya, Muscle Power Ultra Tab 9.7 mengandalkan prosesor AllWinner A10 (Boxchip) 1GHz yang masih single core dengan memori utama 1GB dan chip grafis Mali-400MP –komposisi standar pada gadget entry level. Spesifikasi serupa juga muncul pada varian 7” mereka yang desainnya lebih pasaran. Dengan dapur pacu seperti ini, kinerja tablet (model MB8850_LXBTC) diperkirakan biasa saja, tentunya sudah cukup untuk aktivitas office dan internet pada sistem Android 4.

Meski tablet muncul tanpa fitur ekstra, namun ternyata Muscle Power menambahkan perangkat keyboard terpisah untuk membantu pengolahan dokumen. Selain menjadi modul docking, keyboard yang memanfaatkan koneksi Bluetooth ini bisa pula dijadikan penutup layar tablet berbaterai 8000mAh ini. Dalam kondisi ini tablet jadi terlihat seperti laptop. Gabungan tablet dan keyboard ini jelas praktis, meski jadi terasa amat licin saat digenggam.

Karena dibuat sebagai tablet yang terjangkau maka hal-hal yang diutamakan di tablet dengan media simpan 16GB ini adalah layar yang besar (resolusi 1024×768 piksel), kenyamanan mengetik, dan harga ekonomis. Untuk fungsi yang lebih luas mungkin agak terbatas karena hanya terdapat 2 sensor saja (accelerometer dan microphone), meski ini seharusnya sudah cukup untuk penggunaan biasa.

Mungkin Muscle Power Ultra Tab 9.7 hanyalah tablet 10” alternatif yang lebih ramah kantong dengan tak menghadirkan sesuatu yang berbeda. Namun, PCplus akui beberapa poin penting terbilang menyenangkan untuk kamu yang butuh tablet untuk aktivitas internet harian dan multiemdia ringan. (nic)

Hasil Uji

Quadrant Advanced 2.1
Total1691
Linpack Android
Single Thread16,07 MFLOPS
Multi Thread14,96 MFLOPS
Smartbench 2012
Productivity503
Games1627
NenaMark2
Skor22,2 fps

Semua tombol fisik dan port I/Oyang mengumpul di satu sisi membuatnya terlihat ramai.

Paket menyertakan keyboarduntuk dudukan tablet kala mengetik. Keyboard berteknologi Bluetooth 3.0 ini juga kompatibel dengan peranti lainnya yang perlu keyboard nirkabel.

Spesifikasi

ProsesorAllWinner A10 1GHz (ARM Cortex A8)
Memori Utama1GB
Kartu GrafisMali-400MP
Media Simpan Internal16GB NAND Flash
Jaringan Selular-
Wireless802.11b/g/n, Bluetooth, GPS
Koneksi LainMini USB, mini-HDMI, microSD, 3,5mm audio
KameraDepan 0,3MP, belakang 2MP
Layar9,7” 1024×768 piksel capacitive touchscreen
Dimensi24 x 18,5 x 1,2 cm
Bobot628gr
Garansi1 Tahun
Harga*Rp. 2.100.000,- (termasuk keyboard)

*Bobot DPJ (021) 6012974

+ Layar besar, bonus keyboard Bluetooth, kapasitas baterai 8000mAh, harga terjangkau.

- Kinerja “biasa”, kualitas kamera kurang, jumlah sensor sedikit.

Rating  7,9

Foto : dok. Muscle Power

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.292 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.212 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    887 respon

Total Respon: 9.391
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft