Copyright - Tabloid PCplus (© Copyright - Tabloid PCplus)
Fri, 31 May 2013 18:11:33 GMT | By Brama Setyadi, www.tabloidpcplus.com

Tablet Advan Vandroid T5-A

Sepintas mirip iPad Mini, tapi dengan sistem operasi Android


Tablet Advan Vandroid T5-A

Ini adalah produk terhangat Advan yang datang ke meja redaksi sekitar akhir Mei ini. Semua PCplus kira ini adalah produk tablet Android konvensional yang rata-rata mengadopsi layar 7 inci. Eh, setelah mencermati sekilas spesifikasi di dus pembungkusnya teryata bukan 7 inci, melainkan 8 inci.

Lagi-lagi PCplus terkecoh dengan dus Advan ini, karena di gambar yang terpampang tablet ini terlihat memanjang yang umumnya memiliki rasio aspek 16:9. Padahal bentuk produknya memiliki rasio aspek 4:3, sehingga cukup beralasan kalau produk ini dikatakan bak pinang dibelah dua dengan iPad Mini terbaru.

Desain Nggak percaya? Coba deh lihat gambar produknya. Advan membungkus hampir seluruh badan perangkatnya ini dengan warna putih, termasuk bagian belakang yang terbuat dari material plastik. Sedikit bingkai metal mengelilingi bagian pinggir yang selain membuat variasi pada desain, juga menambah cantik tampilan T5-A.

Bagian depannya bersih, PCplus tidak menemukan satupun tombol di sana kecuali lubang speaker dan kamera depan. Maklum, Android Ice Cream Sandwich (4.0.4) yang diadopsi T5-A sudah menggunakan tombol pintasan virtual. Meskipun demikian perangkat ini masih menyediakan tombol di bagian pinggirnya, untuk menghidup matikan daya dan pengatur volume suara. Di bagian pinggir ini kamu juga bisa menemukan kompartemen slot kartu SIM dan kartu memori (micro SD) yang sengaja disediakan penutup supaya tidak kentara jika dilihat sekilas.

Fitur Layar 8 inci yang punya resolusi 1024 x 768 itu sudah kapasitif sehingga cukup responsif menerima perintah sentuh dari jari. Respon sentuhan simultan yang bisa diterima layar ini mencapai 5 jari. Ia juga cukup terang menampilkan layar beranda Android, termasuk saat menayangkan video definisi tinggi atau foto hasil jepretan kamera digital.

Kinerja Bagaimana dengan kinerjanya? Dari hasil coba-coba kami, Advan Vandroid T5-A ini cukup baik saat meladeni file-file multimedia seperti foto dan video definisi tinggi. Hampir semua game Android pun bisa berjalan baik di sini, hanya saja memang tidak dengan yang butuh spesifikasi grafis tinggi seperti Asphalt 7 Heat misalnya. Kemampuan Advan Vandroid T5-A menangani beragam tugas tadi tidak terlepas dari peran prosesor Qualcomm Snapdragon S4 dua inti berkecepatan 1GHz dengan grafis Andreno bawaannya.

Untuk kebutuhan komunikasi, Advan menyediakan dukungan jaringan GSM 900 / 1800 dan UMTS 2100. Anda bisa melakukan panggilan suara atau mengirim SMS di jaringan ini, termasuk berselancar dengan koneksi data 3,5G (HSPA). Tersedia pula WIFI 802.11b/g/n dan Bluetooh V3 untuk koneksi nirkabel lain.

Kesimpulan Jeroan Advan Vandroid T5-A ini pas untuk Anda yang sering melakukan beragam kegiatan secara mobile menggunakan tablet Android, termasuk memutar beragam file multimedia tentunya. Apalagi tersedia fitur panggilan suara dan SMS yang pastinya bisa mengurangi perangkat komunikasi yang biasa dibawa.

Smartbench 2012 – Productivity2217
Smartbench 2012 – Games1304
Quadrant Standard 2.12349
Linpack Pro – Single Thread40.974 MFLOPS
-          Multi Thread60.541 MFLOPS
Nena Mark V2.421.8 FPS
AnTuTu Benchmark v2.9.15382

 *Skor makin tinggi makin bagu

Plus: Layar, desain produk, fasilitas telepon & SMS, paket gratis interne Minus: Kinerja biasa, speaker mono. Rating PCplus: 7.9

Harga (kisaran)*:  Rp. 1.600.000

* PT. Intech Surya Abadi (021-65830222) * Minggu Terakhir Mei 2013

Congkel penutup kompartemen kartu di bagian samping perangkat. Anda akan menemukan dua slot di sana. Satu untuk kartu SIM dan lainnya untuk kartu memori micro SD.

Port Micro USB dan jack headphone terletak di bagian bawah Advan Vandroid T5-A. Karena badan bagian belakang terdapat lengkungan, dua port ini menjadi agak menonjol meskipun tidak mengganggu penggunaan.

Kamera 2 megapiksel ini lumayan saat bertugas di luar ruangan. Tapi tidak direkomendasikan untuk tempat minim cahaya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.252 respon
  2. 66 %
    Tidak
    6.112 respon
  3.  
    10 %
    Tidak tahu
    878 respon

Total Respon: 9.242
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft