okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 30 Jan 2013 05:36:27 GMT | By fetra, okezone.com

Wow.. Pemakaman Yunani Kuno Berlapis Emas



Wow.. Pemakaman Yunani Kuno Berlapis Emas

ATHENA - Penggalian selama pekerjaan konstruksi kereta bawah tanah di salah satu kota terbesar di Yunani, memacu tim arkeolog untuk menemukan artefak-artefak kuno. Sebuah artefak lingkaran berhias emas, yang terangkai mirip mahkota ditemukan bersama fosil manusia berjenis kelamin wanita berusia 2.300 tahun lalu.

Dilansir Archaeologynewsnetwork, Rabu (30/1/2013), arkeolog beberapa waktu lalu menemukan artefak emas tersebut di situs pemakaman kuno Thessaloniki. Sekira 23 ribu artefak kuno dan peninggalan bersejarah Abad Pertengahan lainnya juga ditemukan selama penggalian arkeolog.

Penemuan artefak dalam penggalian ini terhubung dengan pekerjaan konstruksi sejak 2006. Arkeolog Vassiliki Misailidou mengatakan, lingkaran cabang zaitun yang dihiasi dengan emas ini dimakamkan dengan sederhana, yakni dimakamkan dalam bentuk kotak khas makam wanita.

Arkeolog meyakini bahwa artefak berharga tersebut telah ada sejak akhir abad keempat atau awal abad ketiga sebelum masehi. Delapan artefak hiasan dari emas lainnya juga pernah ditemukan dalam makam tunggal.

Artefak tersebut ditemukan empat tahun lalu selama pekerjaan kereta bawah tanah. Pekerjaan proyek konstruksi tersebut kabarnya baru akan rampung di 2017.

Thessaloniki merupakan kota yang terletak di Yunani bagian utara. Digitaljournal melaporkan, situs di kota kedua terbesar di Yunani ini juga pernah menyimpan artefak karangan bunga berlapis emas.

Artefak tersebut pernah ditemukan di 2008 dan diumumkan oleh Menteri Kebudayaan di negara setempat. Tepatnya di Juni 2008, arkeolog menemukan empat artefak karangan bunga berlapis emas yang dihias dengan daun zaitun, anting-anting emas serta artefak lainnya di era Hellenistic.

Artefak berlapis emas tersebut ditemukan di salah satu dari 700 makam kuno. Benda peninggalan bersejarah itu diteliti selama pekerjaan konstruksi kereta bawah tanah di kawasan Sintrivani.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.109 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.234 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    451 respon

Total Respon: 6.794
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft