okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 11 Apr 2013 05:03:08 GMT | By fetra, okezone.com

Visualisasi 3D Jaringan dalam Otak Tikus



Visualisasi 3D Jaringan dalam Otak Tikus

CALIFORNIA - Ilmuwan Stanford University di California melakukan penelitian pada jaringan otak tikus. Mereka membuat visualisasi 3D dan menunjukkan proses kerja otak dengan tampilan gambar transparan.

Dilansir Softpedia, Kamis (11/4/2013), ilmuwan Karl Deisseroth dan tim peneliti Stanford University berusaha melihat ke dalam otak tikus. Ilmuwan juga memberikan tikus sebuah ramuan yang terdiri dari beberapa bahan kimia.

Beberapa bahan kimia ini termasuk deterjen SDS yang mengubah otak tikus transparan dengan melepaskan lemak yang biasanya ditemukan dalam otak. Lemak ini bertanggungjawab untuk menghambat perjalanan cahaya.

Sebelum pengembangan teknik ini, peneliti umumnya mempelajari otak tikus dengan cara membedahnya dan menggunakan mikroskop. Kini, visualisasi dalam otak tikus semakin mudah dengan gambar tiga dimensi.

"Memperoleh informasi resolusi tinggi dari sistem yang kompleks dengan tetap menjaga perspektif global diperlukan untuk memahami fungsi sistem. Ini merupakan tantangan utama dalam biologi," tutur peneliti.

Peneliti mengatakan, untuk mengatasi tantangan tersebut mereka menggunakan metode CLARITY untuk transformasi jaringan utuh ke dalam bentuk nanoporous hydrogel-hybridized (terkait jaringan tiga dimensi dari polimer hidrofilik).

Anda yang ingin melihat video visualisasi dalam otak tikus, bisa mengakses link ini.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    771 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.284 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    175 respon

Total Respon: 4.230
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft