okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 04 Jun 2012 14:25:53 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Video Mesum Format 3GP, Mudah Disebarluaskan

Pemberitaan mengenai video mesum yang diduga pelakunya mirip anggota DPR RI berinisial KMN tengah...


Video Mesum Format 3GP, Mudah Disebarluaskan

JAKARTA - Pemberitaan mengenai video mesum yang diduga pelakunya mirip anggota DPR RI berinisial KMN tengah ramai dibicarakan. Praktisi IT, Michael S. Sunggiardi menanggapi mengapa video mesum tersebut atau skandal video panas serupa yang pernah terungkap sebelumnya, umumnya menggunakan format 3GP.

"Format video banyak, ada yang beresolusi lebih kecil di beberapa peralatan (perangkat). Format 3GP didesain dan dijalankan di ponsel," ujar Praktisi IT, Innovator & Experts Teknologi Komputer, Michael S. Sunggiardi melalui percakapan telepon kepada Okezone, Senin (4/6/2012).

Menurutnya, video dengan format 3GP mampu berjalan di beberapa perangkat dan merupakan format yang tidak perlu membutuhkan kinerja prosesor yang tinggi. Selain itu juga sangat mendukung untuk perangkat yang memiliki memori atau kapasitas penyimpanan yang rendah.

Sunggiardi mengatakan, umumnya video mesum yang tersebar, seperti misalnya video Ariel dan Luna Maya yang heboh beberapa waktu, tersebar dengan format video 3G. "Agar bisa disebarluaskan melalui telepon itu, setelah di-convert (ke format 3GP), bisa lebih kecil," tambahnya.

Adanya penyebaran video yang cukup meresahkan ini, bisa menimbulkan dampak yang tidak diharapkan, terlebih apabila video panas itu bisa disaksikan oleh para generasi muda, khususnya anak-anak. Karena saat ini, sebagian besar anak yang masih berada di bangku Sekolah Dasar (SD) misalnya, mereka telah diberikan fasilitas alat komunikasi (ponsel) oleh kedua orangtuanya.

Yang dikhawatirkan bisa saja terjadi, yakni beredarnya video mesum itu di ponsel milik anak-anak. Hal ini tentu akan memberi implikasi negatif dan bisa mempengaruhi konsentrasi mereka ketika belajar, baik di rumah maupun di sekolah.

Perlunya peran orangtua untuk mengawasi sang buah hati wajib dilakukan, khususnya terkait video khusus dewasa yang kemungkinan bisa hinggap di ponsel mereka. Informasi bisa diakses dari mana saja, termasuk melalui internet dan anak-anak bisa dengan bebas berselancar serta memperoleh berbagai konten dari dunia maya tersebut.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.281 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.720 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    302 respon

Total Respon: 7.303
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft