okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 24 May 2013 06:30:21 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Telinga "Bionic" Berikan Pendengaran Super



Telinga "Bionic" Berikan Pendengaran Super

NEW JERSEY - Peneliti dari Princeton University belum lama ini mengungkapkan bahwa mereka sedang mendesain sebuah telinga bionic, yang diklaim memiliki tingkat pendengaran lebih tinggi dari manusia biasa. Telinga bionic ini bahkan dibuat menggunakan teknologi printer 3D yang sedang berkembang.

Teknologi printer 3D sebelumnya memang telah banyak di uji coba untuk menghasilkan beberapa barang seperti senjata, bahkan organ tubuh. Akan tetapi, fokus penting dari proyek ini adalah usaha untuk memadukan telinga 3D dengan perangkat elektronik.

Pada dasarnya, para peneliti di Princeton menggunakan sel 3D untuk printer dan partikel nano sebagai bahan untuk membuat telinga. Kemudian, bahan tersebut akan digabungkan bersama kumparan antena kecil dengan tulang rawan guna menghasilkan sebuah telinga bionic.

"Kombinasi dari bahan tersebut ternyata memberikan hasil yang cukup mengesankan. Sebuah organ telinga yang berfungsi secara penuh, dan memiliki kemampuan untuk mendengar frekuensi radio sekira satu juta kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan telingan manusia normal," ujar Ketua Tim Peneliti, Michael McAlpine.

McAlpine juga menambahkan bahwa cara normal telinga kita mendengar adalah dengan mengambil sinyal akustik, kemudian mengonversinya menjadi sinyal listrik yang akan diteruskan ke otak. Demikian dilansir dari Mashable, Jumat (24/5/2013).

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.448 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.558 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    346 respon

Total Respon: 8.352
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft