okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 03 Sep 2012 11:35:03 GMT | By fetra, okezone.com

Tampil di Facebook, Game Jokowi Target 1 Juta Pemain



Tampil di Facebook, Game Jokowi Target 1 Juta Pemain

JAKARTA - Metric Design, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi asal Bandung, mengembangkan game berjudul Selamatkan Jakarta. Game yang menampilkan calon gubernur DKI Jakarta, Jokowi Basuki itu ditargetkan mencapai 1 juta pemain.

Lead Developer atau inisiator game Selamatkan Jakarta, Juwanda, di sela-sela peluncuran game berbasis Flash tersebut mengungkapkan, dari 2 juta orang penduduk di Jakarta, sekira total 460 ribu pemain telah mencicipi game tersebut.

Ia mengatakan, awal mula terciptanya permainan ini, lantaran ingin menciptakan inovasi baru terkait kampanye kreatif. Bahkan, Jokowi sendiri belum mengetahui sampai game tersebut kian booming dan akhirnya diketahui olehnya.

Menurutnya, inovasi kampanye semacam ini tidaklah menyalahi aturan, bahkan dikemas dalam permainan menjadikan nilai tambah tersendiri dalam hal hiburan yang bisa dirasakan seluruh masyarakat.

"Ini (kampanye melalui) media online. Di dalamnya tidak ada ajakan (semisal) mencoblos," ujar Juwanda kepada wartawan di Jakarta, (2/9/2012). Ia mengatakan, game Selamatkan Jakarta semakin meluas, tidak hanya dimainkan melalui website Metric Design, tetapi juga kini dapat dimainkan di Facebook. Bahkan, sebelumnya ada beberapa yang melakukan embed, sehingga game tersebut kian menjalar di internet.

Irfan Fauzi, Programmer Web Developer Metric Design mengungkapkan, alasan terciptanya game ini diawali dengan rasa simpatik atau nge-fans terhadap sosok Jokowi Basuki.

"Salah satu tim dari Metric Design, nge-fans dengan Jokowi dan berpikir bahwa game ini akan booming. Setelah booming baru diketahui oleh Jokowi," terangnya.

Ia menjelaskan bahwa di Metric Design, pekerjaan mengembangkan aplikasi mobile atau multimedia merupakan hal yang biasa dilakukan, termasuk salah satunya menciptakan game.

Oleh karena sebelumnya telah ada engine untuk pengembangan permainan. Sehingga, tahapan pemolesan sampai terciptanya game Selamatkan Jakarta dapat dirampungkan selama tiga pekan.

"Awalnya ada 30 level. Tokoh musuhnya cuma 1. Kini menjadi 50 level (sudah ditambah dengan bonus). Tokoh (musuh yang harus dibasmi) antara lain sampah, preman, pengusaha hitam dan oknum pejabat," pungkasnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.582 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.060 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    392 respon

Total Respon: 6.034
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft