okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 14 Nov 2013 01:57:46 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Serang Situs Australia, Hacker Indonesia Dinilai Tak Elegan



Serang Situs Australia, Hacker Indonesia Dinilai Tak Elegan

JAKARTA - Peretasan yang dilakukan oleh komunitas hacker di Indonesia, Anonymous Indonesia, terhadap berbagai situs Australia sempat memanas hingga menimbulkan ancaman perang cyber dari pihak Australia. Namun menurut ahli komputasi, sebenarnya hacker di Indonesia tak perlu melakukan hal tersebut.

Dikatakan oleh I Made Wiryana, salah seorang ahli di bidang komputasi, tindakan yang dilakukan oleh para hacker Indonesia yang menyerang situs-situs Australia tidak tepat sasaran dan kurang elegan. Menurutnya, tindakan tersebut tak lebih dari tindakan kriminal semata.

"Menurut saya tak perlu lah kita melakukan itu. Tidak elegan caranya. Jangan lakukan peretasan pada situs-situs Australia yang tak bersalah," kata Made kepada Okezone, Kamis (14/11/2013).

Made menambahkan, melakukan peretasan dan defacement (pengubahan halaman muka situs) pada sebuah situs bukan sesuatu yang elegan. "Jika ingin memberi tahu kelemahan orang jangan dengan cara defacement, beri tahu saja kelemahan tersebut, dan tunjukkan kalau kita ini bangsa Indonesia," lanjut Made.

Aksi peretasan yang dilakukan oleh Anonymous Indonesia terhadap berbagai situs Australia ini bermula dari laporan yang dibocorkan oleh mantan intel AS, Edward Snowden. Mantan agen National Security Agency (NSA) tersebut mengungkapkan bahwa Australia memata-matai Indonesia lewat Kedubes Australia.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.285 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.734 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    304 respon

Total Respon: 7.323
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft