okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 06 Dec 2012 11:24:04 GMT | By fetra, okezone.com

Satelit Tangkap Gambar Bumi Resolusi Tinggi



Satelit Tangkap Gambar Bumi Resolusi Tinggi

WASHINGTON - Ilmuwan baru-baru ini mengungkap gambar Bumi terbaru ketika berada di malam hari. Gambar Bumi beresolusi tinggi tersebut ditangkap menggunakan satelit NASA dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Dilansir Redorbit, Kamis (6/12/2012), melalui tangkapan satelit tersebut, terlihat cahaya di kota yang ada di Bumi. Gambar ini mengungkap aktivitas nokturnal (malam hari) di bagian sisi gelap Bumi.

Bagian dari instrumen Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS) cukup sensitif untuk mendeteksi kilauan cahaya di malam hari yang diproduksi oleh atmosfer Bumi. Selain itu, kamera satelit juga mampu menangkap cahaya dari satu kapal yang ada di laut.

Satelit di Defense Meteorological Satellite Program Amerika Serikat membuat observasidengan sensor rendah cahaya selama 40 tahun. Namun, instrumen VIIRS dapat membantu mendeteksi lebih baik dan mengungkap cahaya Bumi di malam hari.

Steve Miller, peneliti dari Colorado State University Cooperative Institute for Research NOAA mengatakan, pihaknya tidak hanya mengamati Bumi di siang hari, namun juga perlu melihat Bumi di malam hari. "Tidak seperti manusia, Bumi tidak pernah tidur," ungkap Steve.

VIIRS juga membantu mendeteksi pemandangan badai yang terjadi di Bumi dan kondisi cuaca lainnya. Kondisi cuaca ini seperti kabut, yang sulit untuk dikenali dengan infrared atau sensor thermal.

"National Weather Service NOAA melanjutkan untuk mengeksplorasi penggunaan pita siang-malam (satelit). Resolusi sangat tinggi dari data VIIRS akan mengambil peristiwa prakiraan cuaca di malam hari dengan tingkat yang jauh lebih tinggi," pungkasnya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.396 respon
  2. 66 %
    Tidak
    6.520 respon
  3.  
    10 %
    Tidak tahu
    937 respon

Total Respon: 9.853
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft