okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 25 Jun 2013 12:24:48 GMT | By fetra, okezone.com

Satelit Tangkap Badai Angin 'Raksasa' di Venus



Satelit Tangkap Badai Angin 'Raksasa' di Venus

PARIS - Satelit Venus Express milik European Space Agency (ESA) menangkap gambar badai angin besar di Venus. Berdasarkan pengamatan peneliti, terlihat pergerakan angin ribut di planet tersebut kian menguat.

Dilansir Astronomynow, Selasa (25/6/2013), pergerakan awan berhasil ditangkap dengan tampilan detail tinggi di atmosfer Venus oleh ESA Venus Express. Gambar menunjukkan kecepatan angin yang semakin membesar dalam waktu enam tahun terakhir.

Gambar tersebut ditangkap melalui Venus Monitoring Camera (VMC) yang ada pada Venus Express. Gambar ditangkap dari jarak 30 ribu kilometer pada 8 Desember 2011.

VMC didesain dan dikembangkan oleh konsorsium institut di Jerman yang dipimpin oleh Max-Planck Institute for Solar System Research di Katlenburg-Lindau. Dengan mempelajari pergerakan fitur di awan tertinggi (sekira 70 kilometer di atas permukaan Venus), ilmuwan dapat memonitor pola dalam kecepatan angin global jangka panjang.

Venus terkenal dengan atmosfernya yang berputar cepat. Satu kali putaran penuh kabarnya bisa terjadi setiap empat jam sekali. Ketika Venus Express tiba di planet ini pada 2006, kecepatan angin rata-rata pada awan teratas mencapai sekira 300 kilometer per jam.

Pengamatan terbaru mengungkap bahwa kecepatan angin rata-rata ini bisa mencapai hingga 400 kilometer per jam. "Ini merupakan peningkatan besar pada kecepatan angin yang sudah diketahui dalam atmosfer," jelas Igor Khatuntsev dari Space Research Institute di Moscow.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.888 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.159 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    429 respon

Total Respon: 6.476
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft