okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 17 Mar 2013 06:04:09 GMT | By fetra, okezone.com

Satelit NASA Tampilkan Detail Permukaan Bulan Saturnus



Satelit NASA Tampilkan Detail Permukaan Bulan Saturnus

CALIFORNIA - Pesawat luar angkasa atau satelit NASA Cassini menangkap foto terbaru dari bintang milik Saturnus yang bernama Rhea. Gambar yang ditangkap badan antarika Amerika Serikat ini menunjukkan bahwa Bulan tersebut memiliki kawah akibat hantaman batu luar angkasa.

Dilansir Nbcnews, Minggu (17/3/2013), Cassini mengambil foto terbaru selama orbit keempatnya dengan Bulan Rhea pada Sabtu (9/3). Selama pertemuan dan penangkapan objek tersebut, satelit berada pada jarak 620 mil atau 997 kilometer dari Rhea.

Rhea diketahui merupakan Bulan milik Saturnus kedua terbesar. Carolyn Porco dari Space Science Institute di Colorado mengatakan bahwa ini merupakan foto berharga dengan detail gambar close-up (terdekat).

Cassini juga menangkap 12 gambar dari sebuah area pada Rhea yang tidak rata, termasuk retakan melengkung serta sebuah cekungan. Rhea merupakan Bulan milik Saturnus kedua terbesar dengan diameter 949 mil.

Ukuran diameter Rhea berbeda dengan Bulan Titan, yang sama-sama mengorbit pada Saturnus. Namun, Titan memiliki ukuran diameter 3.200 mil, yang hampir 50 persen lebih luas ketimbang Bulan yang mengelilingi Bumi.

Rhea ditemukan pada 1672 oleh matematikawan dan astronom Giovanni Domenico Cassini, yang memberikan namanya pada misi NASA untuk mempelajari sistem planet bercincin tersebut. Di 2010, peneliti menentukan bahwa Bulan memiliki atmosfer tipis yang didominasi oleh oksigen dan karbondioksida.

Asal usul oksigen ini berasal dari es pada permukaan Rhea oleh partikel bermuatan dari Saturnus. Akan tetapi, asal usul karbondioksida masih tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.330 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.017 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    315 respon

Total Respon: 7.662
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft