okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 19 Feb 2013 10:42:02 GMT | By fetra, okezone.com

Penyu Laut Berada di Ambang Kepunahan



Penyu Laut Berada di Ambang Kepunahan

WASHINGTON - Ilmuwan laut internasional memperingatkan, melindungi habitat penyu di laut adalah hal yang penting untuk menjaga kelangsungan hidup populasi hewan tersebut. Peneliti dari ARC Centre of Excellence for Coral Reef Studies (CoECRS) dan James Cook University menekankan pentingnya melestarikan daerah peneluran penyu untuk masa depan.

Dilansir Sciencealert, Selasa (19/2/2013), dengan menjaga daerah peneluran penyu ini, maka reptil laut ini bisa memiliki kesempatan lebih baik bertahan dalam perubahan iklim. Studi ini melibatkan penyu laut di wilayah Samudera Hindia, Pasifik serta Atlantik.

"Untuk membuat penyu laut kesempatan yang lebih baik untuk mengatasi perubahan iklim, kami harus melindungi situs bersarang mereka. Selain itu, kami juga mengatasi ancaman seperti pembangunan pesisir," kata Mariana Fuentes dari ARC Centre of Excellence for Coral Reef Studies (CoECRS).

Ia mengatakan, tim peneliti telah melihat populasi penyu laut menurun secara dramatis dalam beberapa dekade terakhir. Kemungkinan popoulasi ini akan bertambah buruk akibat perubahan iklim, karena hewan laut ini sangat rentan terhadap hal itu.

"Perubahan iklim dapat mempengaruhi pantai bersarang mereka melalui kenaikan permukaan laut, badai kuat dan badai, suhu tinggi dapat menyebabkan telur mereka matisebelum mereka menetas," tuturnya.

Akibat perubahan iklim ini, kabarnya penyu laut bisa menghasilkan rasio jenis kelamin yang tidak alami dan mempengaruhi sumber makanan mereka. Ilmuwan mengatakan, mengurangi emisi gas buang menjadi salah satu tantangan terbesar.

Dengan berkurangnya emisi, maka efek gas rumah kaca bisa semakin diminimalisir. "Ini berarti bahwa kita harus lebih memahami apa faktor yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk pulih dari dampak negatif perubahan iklim," terangnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.360 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.165 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    321 respon

Total Respon: 7.846
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft