okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 01 Mar 2013 02:56:25 GMT | By fetra, okezone.com

Peneliti Temukan Fosil Landak Purba



Peneliti Temukan Fosil Landak Purba

BERLIN - Peneliti asal Jerman telah menggali sisa-sisa fosil kerabat landak purba yang telah punah. Masih berada dalam kerangkanya yang utuh, ilmuwan meyakini fosil hewan purba ini berusia puluhan juta tahun lalu.

Dilansir Thelocal, Jumat (1/3/2013), palaentolog asal Jerman ikut dalam penggalian di situs Messel Pit, dekat Darmstadt. "Kami mendorong lapisan ke samping dan melihat fosil landak ini terbaring," kata peneliti, Weiss kepada harian lokal Frankfurter Rundschau.

Ia mengatakan, peneliti mungkin bisa mencari selama satu tahun dan tidak menemukan apapun. "Namun, kami punya keberuntungan lagi di sini (untuk menemukan fosil tersebut)," imbuhnya.

Situs ini sebelumnya merupakan danau, yang terbentuk dalam kawah gunung berapi. Situs ini telah ditetapkan sebagai warisan budaya Unesco untuk fosil yang ditemukan antara 57 sampai 36 juta tahun lalu.

Pada rentang waktu puluhan juta tahun tersebut, hewan mamalia dipercaya berkembang pesat. Kabarnya, spesimen ini merupakan fosil hewan purba ketujuh yang pernah ditemukan, dan salah satu yang terbaik untuk diawetkan.

Norbert Micklich dari museum Hessen di Darmstadt, yang memiliki banyak koleksi fosil dari Messel Pit, mengungkapkan bahwa temuan ini adalah luar biasa. "Anda dapat melihat bentuk bulu hewan oleh bakteri fosil yang tertinggal di situs tersebut," ungkapnya.

Peneliti menjelaskan, jika sampel sisa-sisa usus landak purba ini diteliti di bawah mikroskop elektron. Maka, peneliti mampu mengetahui apa saja yang dikonsumsi hewan mamalia masa lampau tersebut.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.021 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.428 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    758 respon

Total Respon: 8.207
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft