okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 21 Aug 2013 02:33:40 GMT | By fetra, okezone.com

Orbit Cepat Planet Mirip Bumi Selama 8,5 Hari



Orbit Cepat Planet Mirip Bumi Selama 8,5 Hari

CALIFORNIA - Astronom menemukan exoplanet (planet di luar sistem tata surya) yang seukuran dengan Bumi. Exoplanet ini mengorbit atau mengelilingi bintang induknya dalam waktu 8,5 jam.

Dilansir Astrobio, Rabu (21/8/2013), exoplanet bernama Kepler 78b ini menjadi planet asing pertama yang bisa mengorbit bintang induknya dalam waktu tercepat. Studi juga menemukan bahwa untuk pertama kalinya cahaya bisa terdeteksi dari planet kecil dalam orbit di sekitar bintang.

Peneliti dari MIT menemukan exoplanet ini yang berjarak 700 tahun cahaya dari Bumi. Rekor yang dicapai Kepler 78b menandakan bahwa dalam waktu 8,5 jam, planet berhasil mengelilingi bintang induknya secara penuh.

Mengapa Kepler 78b bisa mencapai waktu 'satu tahun' dalam waktu hanya beberapa jam? Ilmuwan menjelaskan bahwa orbit planet kembaran Bumi ini memiliki jarak yang dekat dengan bintangnya.

Dengan jarak yang dekat tersebut, planet memiliki suhu yang tinggi. Ilmuwan mengatakan bahwa planet memiliki suhu 3.000 derajat Kelvin atau lebih dari 5.000 derajat Fahrenheit.

Dalam lingkungan yang terik, lapisan atas planet ini kemungkinan benar-benar meleleh, menciptakan pergolakan pada samudera lava yang besar. Dengan kondisi suhu ekstrem super panas tersebut, kemungkinan munculnya kehidupan tampaknya akan sangat kecil.

Apa yang menarik bagi peneliti antara lain, planet mampu memantulkan cahaya dan terdeteksi oleh ilmuwan melalui bantuan teleskop luar angkasa. Ini pertama kalinya peneliti mampu melihat cahaya dari planet ekstrasurya yang memiliki ukuran kecil.

Dengan penampakkan pantulan cahaya dan menggunaan teleskop besar, ilmuwan bisa mendapatkan informasi tentang komposisi permukaan planet dan sifat reflktifnya. Penelitian mengenai temuan Kepler 78b ini dilaporkan dalam The Astrophysical Journal.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.021 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.427 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    758 respon

Total Respon: 8.206
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft