okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 03 Sep 2013 01:37:41 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Microsoft 'Caplok' Nokia Senilai USD7,17 Miliar



Microsoft 'Caplok' Nokia Senilai USD7,17 Miliar

CALIFORNIA - Kabar mengejutkan beredar, menyebut bahwa Microsoft akan mengakuisisi unit bisnis telefon Nokia. Konferensi pers digelar pada 3 September 2013, yang mengungkap detail lebih lanjut merger atas kedua perusahaan tersebut.

Dilansir Coolsmartphone, Selasa (3/9/2013), kerjasama Microsoft dengan Nokia telah dimulai sejak dua tahun lalu. Stephen Elop telah mengundurkan diri dari CEO Nokia dan kini menjadi 'Executive Vice President of Devices & Services' bersama Risto Siilasmaa yang mengambil alih peran CEO.

Website Slashgear melaporkan, perusahaan asal Redmond, Amerika Serikat tersebut akan memiliki lisensi paten dan layanan mapping Nokia. Dengan akuisisi ini, kabarnya Microsoft berencana untuk meningkatkan keuntungan dan saham perangkat mobile.

Selain itu, perusahaan ingin adanya 'peningkatan sinergi', inovasi lebih cepat dan pemasaran yang lebih terpadu serta pendekatan branding. Sementara di kubu Nokia, perusahaan asal Finlandia ini bisa mendapat manfaat dengan penguatan profil keuangan serta memperoleh dasar investasi yang lebih padat.

Coolsmartphone mengungkapkan, Microsoft setuju untuk membeli Nokia sebesar USD7,17 miliar atau sekira Rp78,7 triliun. Website juga memaparkan keterangan dari Steve Balmer and Stephen Elop.

"Kerjasama kami selama dua setengah tahun terakhir, yang dikombinasikan kekuatan kami masing-masing untuk membangun sebuah ekosistem mobile global yang baru, telah menciptakan hasil yang luar biasa. Perjanjian hari ini akan mempercepat momentum perangkat dan layanan nokia," terang pejabat Nokia - Microsoft ini.

Para petinggi ini mengungkapkan, komitmen dan sumber daya dari Microsoft untuk mengambil perangkat dan layanan Nokia ke depan, kini perusahaan bisa merealisasikan potensi penuh dari ekosistem Windows. Perusahaan akan menyediakan pengalaman paling menarik bagi seluruh pengguna.

"Kami akan terus membangun ponsel yang Anda cintai, seraya berinvestasi di masa depan," tutur Steve Balmer. Dengan akuisisi ini, perusahaan akan terus menyediakan ponsel dan layanan baru yang mengombinasikan teknologi terbaik dari Microsoft serta Nokia.

Microsoft mengakusisi 'semua substansial' dari Devices and Services Business, yang meliputi unit Mobile Phones and Smart Devices, tim desain, semua fasilitas operasi dan produksi. Selain itu, tim penjualan dan pemasaran serta tim support. Kabarnya, sekira 32 ribu pekerja akan ditransfer ke Microsoft.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.331 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    978 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    370 respon

Total Respon: 5.679
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft