okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 06 Jan 2013 02:11:33 GMT | By fetra, okezone.com

Legenda Labu Berisi Darah Raja Prancis



Legenda Labu Berisi Darah Raja Prancis

PARIS - Para ilmuwan kini telah membuktikan kebenaran legenda labu (botol terbuat dari buah labu) yang menyimpan darah raja Perancis Louis XVI. Pembuktian tersebut diperoleh melalui suatu uji DNA.

Dilansir dari Live Science, Minggu (6/1/2013), lebih dari 200 tahun lalu, raja Perancis Louis XVI dan istrinya Marie Antoinette dibunuh menggunakan guillotine. Legenda mengatakan bahwa seseorang memakai sapu tangan untuk menyerap darah sang raja dan menyimpannya dalam sebuah labu.

Para ilmuwan masa kini pun mencoba mencocokkan DNA darah tersebut dengan DNA dari mumi potongan kepala leluhur langsung Louis XVI, yaitu raja Perancis abad ke-16 Henry IV. Analisis yang dipublikasikan dalam jurnal Forensic Science International itu membenarkan identitas kedua keluarga kerajaan Perancis.

"Kami memiliki dua orang raja yang tersebar di tempat berbeda di Eropa," ujar peneliti paleogenomik di Pompeu Fabra University, Carles Lalueza-Fox. Analisis terbaru membenarkan bahwa kedua orang tersebut, "Terpisah oleh tujuh generasi dan memiliki hubungan darah."

Sebelumnya pada tahun lalu, Lalueza-Fox telah menganalisa materi genetis dalam darah dan menemukan bahwa darah tersebut milik seorang pria Eropa bermata biru. Namun tanpa DNA perbandingan, dia tidak dapat menentukan bahwa darah itu milik raja terakhir Perancis.

Kini telah terbukti darah yang berada di dalam labu tersebut benar milik Louis XVI, sedangkan mumi kepala itu juga telah terverifikasi sebagai milik Henry IV. "Ini bisa menjadi genom bersejarah pertama yang berhasil diperoleh," ujar Lalueza-Fox.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.894 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.162 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    430 respon

Total Respon: 6.486
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft