okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 05 Feb 2013 11:16:08 GMT | By fetra, okezone.com

Landak Laut, Hewan Penghisap Gas CO2 di Laut



Landak Laut, Hewan Penghisap Gas CO2 di Laut

LONDON - Ilmuwan dari Newcastle University menemukan bahwa landak laut menggunakan logam nikel untuk mengubah karbondioksida menjadi tempurung. Kemampuan alami dari biota laut ini diuji coba oleh peneliti sebagai model penangkap karbon yang efektif.

Dilansir BBC, Selasa (5/2/2013), ilmuwan mengatakan, teknik alami yang dimiliki landak laut bisa digunakan untuk mengubah emisi dari pembangkit listrik ke dalam kalsium karbonat yang tidak berbahaya. Penelitian ini dilaporkan dalam jurnal Catalysis Science and Technology.

Ilmuwan mengungkapkan, beberapa hewan laut bisa mengonversi karbondioksida dalam air ke dalam kalsium karbonat, yang pada dasarnya ialah kapur. Spesies seperti kerang, tiram, dan karang menggunakannya untuk membuat cangkang atau tempurung serta bagian tulang lainnya.

Ilmuwan menemukan bahwa larva landak laut memiliki konsentrasi nikel tingkat tinggi di bagian kerangka eksternal mereka. Bekerja dengan partikel nikel kecil, para peneliti menemukan bahwa ketika landak laut menambahkan larutan karbondioksida dalam air, nikel ini secara penuh akan mengeluarkan CO2.

"Ini adalah sistem sederhana," ujar Lidija Siller dari Newcastle University. Ia menjelaskan, bila Anda mengelembungkan gas CO2 di air serta terdapat nanopartikel nikel. Maka, Anda bisa menangkap lebih banyak karbon dan mengubahnya menjadi kalsium karbonat.

Wikipedia menerangkan, landak laut juga disebut bulu babi (Echinoidea). Hewan ini berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan.

Hewan ini kabarnya terbagi menjadi sekira 950 spesies. Landak laut dapat ditemukan mulai dari perairan pasang surut sampai di kedalaman 5.000 meter.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    369 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.490 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    63 respon

Total Respon: 1.922
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft