okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 03 Sep 2013 12:39:20 GMT | By fetra, okezone.com

Katak Ini Miliki Pendengaran Melalui Mulut



Katak Ini Miliki Pendengaran Melalui Mulut

WASHINGTON - Ilmuwan menggunakan teknologi sinar-X mampu memeriksa anatomi tubuh katak secara rinci. Temuan terbaru mengungkap, salah satu katak terkecil di dunia (Gardiner), memiliki indera pendengaran melalui mulutnya.

Dilansir BBC, Selasa (3/9/2013), ilmuwan menemukan bagaimana salah satu katak terkecil di dunia bisa mendengar melalui mulutnya. Sebelumnya, ilmuwan menduga katak Gardiner yang tidak memiliki telinga adalah tuli.

Studi yang diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkap bahwa katak menggunakan rongga mulutnya untuk menyampaikan sinyal suara ke otak. Penemuan ini memecahkan misteri mengapa katak yang tidak memiliki telinga bisa menghasilkan suara nyaring atau decitan bernada tinggi.

Peneliti mengungkapkan, katak bertubuh kecil yang hidup di hutan-hutan di Seychelles tidak memiliki daerah telinga tengah. Ini menandakan bahwa hewan amfibi tersebut tidak memiliki gendang telinga beresonansi.

Para peneliti sebelumnya berpikir bahwa binatang tidak mempunyai cara untuk memperkuat dan mengirimkan gelombang suara dari lingkungan ke telinga bagian dalam. Kemudian, gelombang tersebut melalui sel-sel saraf dan menuju ke otak.

Ilmuwan merekam suara panggilan katak dan memutarnya untuk mengamati perilaku katak. "Jika Anda bermain panggilan, mereka merespon," ungkap Justin Gerlach dari Nature Protection Trust of Seychelles.

Katak akan merespon dengan mengubah posisinya, dapat bergerak untuk menghadap arah suara panggilan itu berasal. "Ini sangat lucu sebenarnya. Bahkan, katak menyerang pengeras suara," pungkas Renaud Boistel dari French National Centre for Scientific Research.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.916 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.095 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    712 respon

Total Respon: 7.723
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft