okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 03 Jan 2013 12:20:23 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Jumat Dinihari, Puncak Hujan Meteor Hiasi Langit



Jumat Dinihari, Puncak Hujan Meteor Hiasi Langit

CALIFORNIA - Puncak fenomena hujan meteor Quadrantid yang bakal berlangsung sekira enam jam akan dapat disaksikan dengan mata telanjang pada Jumat (4/1/2012) dinihari nanti.

Para ilmuwan National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengatakan, hujan meteor Quadrantid sebetulnya sudah dapat disaksikan sejak pergantian tahun 2013 lalu. "Namun, puncaknya baru akan terlihat hingga awal pagi hari di 4 Januari 2013," kata penjelasan NASA, seperti dilansir Ibtimes.

Menurut NASA, hujan meteor Quadrantid memiliki rata-rata maksimal sekira 100 per jam, atau variasi dari 60-200 meteor per jam.

Bukan hanya itu, badan antariksa asal Amerika Serikat ini juga mengatakan, alam juga akan memanjakan mata manusia dimana pada saat yang bersamaan, bulan akan tampak cerah di pukul 3 a.m waktu setempat.

Website NASA menjelaskan sejarah meteor Quadrantids berasal dari nama konstelasi Quadrans Muralis, yang ditemukan oleh asronom Prancis, Jerome Lalande di 1795. "Quadrans Muralis ini berada di antara konstelasi Bootes dan Draco," tulis NASA.

NASA menjelaskan, Quadrans merupakan instrumen astronomi yang digunakan untuk mengamati plot bintang. Meskipun konstelasi tidak lagi diakui oleh astronom, namun konstelasi ini telah cukup lama untuk menunjukkan hujan meteor yang pertama kali terlihat di 1825.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.928 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.136 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    717 respon

Total Respon: 7.781
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft