okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 25 Sep 2012 07:09:04 GMT | By fetra, okezone.com

Inilah Ular Python Terpanjang di Dunia



WASHINGTON - Seekor ular Python raksasa berumur delapan tahun, dipelihara oleh Full Moon Productions di Kansas City, Amerika Serikat. Ular yang mendapatkan posisinya sebagai ular terpanjang di dunia pada Guinness World Records 2013 (posisi untuk tahun depan) ini, dikenal sebagai hewan melata yang hidup di penangkaran atau Longest Snake Ever in Captivity.

Dilansir Newslite, Rabu (26/9/2012), ular ini bernama Medusa, memiliki ukuran panjang tubuh 25 kaki (lebih dari 7 meter) dan menarik para pengunjung di rumah hantu The Edge of Hell. Reptil dengan bobot 350 pon ini biasanya melahap kelinci, babi atau rusa. Akan tetapi, Medusa biasanya ditemukan melingkar di sudut dalam gua sebagai daya tarik di rumah hantu tersebut.

"Kami mencoba menjaga Medusa dengan makanan yang baik dan tidak membiarkannya untuk berada di luar," ujar Larry Edgar, General Manager di Edge of Hell. Meskipun perilaku ular python pada umumnya adalah liar dan tidak bisa diprediksi, Larry mengatakan bahwa Medusa merupakan ular yang jinak dengan orang lain, kecuali apabila ia merasa gelisah, lapar atau diprovokasi.

Medusa cenderung lebih berperilaku bersahabat dengan pelatihnya, Larry Edgar. Ular tersebut juga gemar berenang dan menarik kerumunan orang di taman lokal, Kansas City.

"Ukuran Medusa dan perawakannya yang memukau, mungkin memang ada aspek memikat untuk kecantikan 'mematikan', seperti konotasi pada namanya," ungkap Amber Arnett-Bequeaith, Vice President of Full Moon Productions.

Ia mengatakan bahwa pihaknya bangga menampilkan reptil yang luar biasa itu dan berharap orang lain dapat mengapresiasi gelar Guinness World Records yang kini disandang ular tersebut.

Wikipedia menerangkan, python atau dikenal juga sebagai sanca kembang, merupakan ular tak berbisa yang berukuran besar. Keluarga sanca (Pythonidae) relatif mudah dibedakan dari ular-ular lain dengan melihat sisik-sisik dorsalnya (punggung) yang lebih dari 45 deret serta sisik-sisik ventralnya (perut) yang lebih sempit dari lebar sisi bawah tubuhnya.

The Guinness Book of World Records pada 1991 mencatat sanca kembang sepanjang 32 kaki (sekitar 10 meter) sebagai ular yang terpanjang (Murphy and Henderson 1997). Namun yang umum dijumpai adalah ular-ular yang berukuran 5 hingga 8 meter. Sedangkan berat maksimal yang tercatat adalah 158 kg (347.6 lbs). Ular sanca termasuk ular yang berumur panjang dan dapat hidup lebih dari 25 tahun.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.314 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    975 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    368 respon

Total Respon: 5.657
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft