okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 04 Feb 2013 06:03:51 GMT | By fetra, okezone.com

Ini Gambar Batu Mars Setelah Dibor Robot NASA



Ini Gambar Batu Mars Setelah Dibor Robot NASA

CALIFORNIA - Ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA mendapatkan gambar terbaru yang menampilkan permukaan batu di Mars. Melalui bantuan kamera yang dimiliki robot NASA Curiosity, tertangkap gambar permukaan batu Mars setelah dilakukan pengeboran.

Dilansir BBC, Senin (4/2/2013), robot penjelajah ini menggunakan peralatan khusus untuk memukul permukaan batu Mars tanpa melakukan perputaran atau rotasi ke lempengan batu datar. Lokasi ini terletak di Gale Crater, di mana Curiosity menginjakkan rodanya pertama kali pada Agustus lalu.

Gambar yang diambil Curiosity ini merupakan gambar perbandingan, yakni tampilan sebelum dan sesudah operasi pengeboran tersebut. Robot dengan misi senilai USD2,6 miliar ini melakukan tahap demi tahap prosedur pengeboran, yang dikendalikan oleh insinyur NASA.

Sebelum melakukan aksi pengeboran, Curiosity memeriksa terlebih dahulu batu dan sistem bor. Jika lempengan target dianggap cocok, maka Curiosity bisa mengeksekusi titik pengujian melalui sistem bor tersebut.

"Pengeboran sangat baik sejauh ini dan kami membuat kemajuan besar dengan langkah-langkah awal," tutur John Grotzinger, Project Scientist Curiosity.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    758 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.166 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    171 respon

Total Respon: 4.095
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft