okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 02 Aug 2013 01:54:14 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Ini 10 Manusia yang Pernah Mendarat di Bulan



Ini 10 Manusia yang Pernah Mendarat di Bulan

CALIFORNIA - Jika mendengar tentang manusia yang pernah mendaratkan kakinya di bulan, kebanyakan orang pasti mengatakan Neil Amstrong, atau mungkin Buzz Aldrin yang menjadi awaknya. Namun sebenarnya ada sepuluh orang lain lagi yang pernah melangkahkan kakinya di permukaan satelit Bumi.

Selain Neil Armstrong dan Buzz Aldrin, astronot lain yang menjalankan misi Appolo dan sukses mendarat di bulan adalah Pete Conrad, Alan Bean, Alan Shepard, Edgar Mitchell, David Scott, James Irwin, John Young, Charles Duke, Eugene Cernan, dan Harrison Schmitt.

Menariknya, tak ada satupun dari kedua belas orang yang disebutkan menginjakkan kakinya di Bulan lebih dari satu kali. Berikut sedikit detil dari para astronot.

Pada 21 Juli 1969, Neil Armstrong mengukir sejarah sebagai orang pertama yang menginjakan kakinya di bulan. Ia datang bersama Buzz Aldrin sebagai co-pilot dalam misi Appolo 11. Mereka mendarat dengan selamat di Tranquility Base dan berada di permukaan Bulan selama 21 jam 36 menit 21 detik.

Dari pendaratan pertama manusia di bulan, Neil dan Aldrin mengambil sampel bebatuan bulan, menancapkan bendera AS, menanamkan seismograf, dan melakukan eksperimen bernama Lunar Ranging Retroreflector yang mengukur jarak antara Bulan dengan Bumi menggunakan sinar laser.

Pada misi Apollo 12, Pete Conrad and Alan Bean adalah orang kedua yang melakukan pendaratan di Bulan. Apollo 12 diluncurkan pada tanggal 14 November 1969 dengan misi mengontrol dan memperbaiki wahana antariksa Surveyor 3. Sedangkan pada misi Apollo 13 mengalami kecelakaan kebocoran tanki oksigen sehingga menyebabkan batalnya pendaratan di Bulan.

Tanggal 31 Januari 1971 Apollo 14 berhasil diluncurkan membawa Alan Shepard dan Edgar Mitchell dan mendaratkannya dengan selamat sampai di Bulan pada 5 Februari. Shepard dan Mitchell mengemban misi untuk menanamkan alat eksperimen seismik untuk mempelajari kemungkinan adanya gempa di Bulan.

Orang ketujuh dan kedelapan yang menginjakkan kakinya di Bulan adalah David Scott dan James Irwin. Mereka berdua ditugaskan dalam misi Apollo 15 pada 31 Juli 1971 sampai 2 Agustus.

Tak seperti pendaratan Apollo sebelumnya, Apollo 15 mendarat di antara dua gunung di permukaan Bulan. Mereka juga membawa semacam kendaraan untuk memungkinkan melakukan penjelajahan lebih jauh. Scott dan Irwin ditugaskan menanamkan beberapa alat eksperimen dan membawa pulang 77 kilogram bebatuan Bulan.

John Young dan Charles Duke adalah dua orang selanjutnya yang mendaratkan kakinya di Bulan. Apollo 16 berada di Bulan selama tiga hari dari 21 hingga 23 April 1972. Sedangkan aktivitas yang dilakukan di permukaan Bulan oleh John Young dan Charles Duke berlangsung selama 20 jam 14 menit. Kedua astronot Apollo 16 menjelajahi Bulan menggunakan kendaraan khusus sejauh 26,7 kilometer.

Dan manusia terakhir yang menginjakkan kakinya di Bulan adalah Eugene (Gene) Cernan dan Harrison (Jack) Schmitt dalam misi Apollo 17 pada 11 Desember 1972. Mereka bermukim selama tiga hari di bulan dengan melakukan sejumlah penelitian dan mengambil beberapa sampel bebatuan bulan. Kru Apollo 19 kembali ke Bumi pada 19 Desember setelah melakukan perjalanan panjang selama 12 hari.

1Komentar
14 Agu, 2013 13:21
avatar
Dari berbagai leteratur yang pernah saya baca, tidak satupun dari orang2 yang disebutkan tadi punya bukti kuat dan otentik telah benar2 mendarat di bulan.  Fakta bohong lainnya adalah, tidak mungkin ada bendera yang berkibar di bulan, karena di bulan hampa udara. Dan kalo memang ke-12 orang tadi pernah ke bulan, tentunya hari ini, orang Amerika sudah mondar mandir ke bulan dengan pesawat Challenger yang jauh lebih canggih daripada Apollo 11 ~ 17. 

Diduga kuat, foto2 yang beredar sengaja dibuat di gurun pasir Nevada dan direkayasa oleh USA sebagai bagian propaganda seolah-olah USA sudah berhasil mendarat di bulan.

Silahkan mencari literatur ilimiah yang ditulis oleh saudara Sonny Setiawan soal misi kebohongan Apollo 11.



Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?
Lihat Wajah Baru MSN. Klik di sini!

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.626 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    7.322 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 9.336
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft