okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 13 Mar 2013 05:20:06 GMT | By fetra, okezone.com

Ilmuwan Pasang Ekor Palsu pada Buaya Ini



Ilmuwan Pasang Ekor Palsu pada Buaya Ini

PHOENIX - Buaya berusia 11 tahun, mengalami luka gigitan oleh salah satu hewan bertaring ketika ia kecil hingga menyebabkan ekor buaya malang itu putus. Ilmuwan berusaha menyelamatkan masa depan buaya tersebut dengan membuat prosthetic tail (ekor palsu).

Dilansir Digitalspy, Rabu (13/3/2013), buaya yang hidup di Arizona telah dipasangi dengan ekor buatan. Bernama Stubbs, buaya yang memiliki panjang tujuh kaki ini merupakan satu dari 32 buaya yang disita dari sebuah truk dekat Casa Grande pada 2005.

Stubbs kemudian dibawa ke Phoenix Herpetological Society untuk mendapatkan perawatan. Kini, ia mendapatkan ekor buatan dengan panjang 3 kaki.

Ekor palsu ini dibuat oleh para pekerja di CORE Institute yang terletak di Phoenix, Amerika Serikat. Biasanya, para pekerja ini menangani perawatan ortopedi untuk manusia.

"Ini hanya proses mencari tahu bagaimana membuat cetakan," ungkap Sarah Jarvis dari CORE. Menurutnya, teknologi membuat cetakan ekor buaya ini bisa diterapkan, tidak hanya untuk bidang ortopedi pada manusia.

"Saya membuat beberapa model kecil dan tahu bahwa itu akan cukup bagus untuk ekor secara penuh," tuturnya. Lebih lanjut ia mengatakan, dengan ekor baru ini, Stubbs akan mempelajari bagaimana menggunakan ekor barunya dengan benar.

Wikipedia menerangkan, buaya dapat bergerak cepat pada jarak pendek. Hewan ini memiliki rahang yang sangat kuat, yang dapat menggigit dengan kekuatan luar biasa.

Perihal umur, metode yang paling umum digunakan untuk menaksir umur hewan ini ialah dengan menghitung lingkaran tumbuh pada tulang dan gigi. Buaya muara (C. porosus) diperkirakan dapat hidup rata-rata hingga 70 tahun serta sedikit buaya yang terbukti dapat melebihi umur 100 tahun.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.104 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.663 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    789 respon

Total Respon: 8.556
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft