okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 09 Jul 2013 03:57:08 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Hutan Kuno Bawah Laut 50 Ribu Tahun



Hutan Kuno Bawah Laut 50 Ribu Tahun

MEKSIKO CITY _ Sekelompok penyelam baru-baru ini menemukan sebuah hutan kuno yang telah terkubur di dasar laut hingga 50 ribu tahun lamanya. Hutan yang dinamakan Cypress Forest Bald terletak di Teluk Meksiko dengan kedalaman sekira 60 kaki atau sekira Rp18,4 meter.

Diduga, hutan ini tenggelam akibat hantaman dahsyat Badai Katrina. Adapun, hutan kuno dengan luas area 0,5 mil atau sekira 0,8 kilometer ini terdiri dari kayu dan tunggul (pangkal pohon yang masih tertanam di dalam tanah sehabis ditebang).

Nelayan setempat juga kerap melihat banyak ikan dan satwa laut yang senang berkumpul di hutan bawah laut ini yang sudah dianggap sebagai habitatnya yang 'pas'. Demikian dilansir Softpedia, Selasa (9/7/2013).

Para penyelam menjelaskan, sisa-sisa pohon kuno di hutan Cypress kuno hingga kini masih terjaga dengan baik. Hal ini dikarenakan hutan ini telah melewati ribuan tahun di lingkungan bebas oksigen.

"Anda akan merasa seperti di negeri dongeng ketika melihatnya secara langsung. Ini bagaikan kolam hutan kuno di tengah dasar laut," ujar salah satu anggota penemu Ben Raines.

Para peneliti ingin menjelajahi hutan kuno ini lebih lanjut. Mereka berharap mendapatkan sokongan dana bantuan guna memelihara biota laut tersebut.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.974 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.283 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    742 respon

Total Respon: 7.999
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft