okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 16 Apr 2013 03:44:57 GMT | By fetra, okezone.com

Hawking: Manusia Harus Keluar dari Bumi Agar "Abadi"



Hawking: Manusia Harus Keluar dari Bumi Agar "Abadi"

LONDON - Ilmuwan terkemuka asal Inggris, Stephen Hawking mengungkapkan, diperlukan terobosan teknologi yang bisa mengangkut manusia hingga dapat meninggalkan Bumi. Menurutnya, manusia perlu beranjak atau kabur (escape) dari Bumi bila tidak ingin menjadi spesies yang punah suatu saat nanti.

Dilansir Dvice, Selasa (16/4/2013), ilmuwan Stephen Hawking mengingatkan kembali tentang pentingnya program eksplorasi luar angkasa berkelanjutan. Hawking mengatakan, bila manusia tidak menemukan sebuah tempat di luar Bumi untuk bisa ditinggali di masa yang mendatang, maka seluruh spesies manusia akan dapat punah.

"Kita harus lanjut untuk bisa pergi ke luar angkasa untuk kemanusiaan," ujarnya dalam sebuah acara di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles. Hawking, yang telah menjadi pendukung lama dari eksplorasi luar angkasa, percaya bahwa Bumi bisa menjadi terlalu rapuh untuk mendukung kehidupan manusia.

Pada 2011, Hawking mengungkapkan pemikirannya pada The Winnipeg Free Press bahwa populasi manusia dan sumber daya alam (SDA) adalah terbatas. Dengan kondisi terbatas tersebut, namun penggunaan SDA ini dinilainya digunakan secara pesat.

Ia menilai kode genetik manusia modern saat ini masih membawa sifat egois dan naluri agresif dari masa bertahan hidup di masa lalu. Sehingga, bila nanti terjadi bencana di ratusan tahun mendatang di Bumi, manusia akan sulit untuk menghindarinya.

"Satu-satunya kesempatan kita untuk kelangsungan hidup jangka panjang ialah tidak tetap berada di Bumi. Namun, menyebar ke luar angkasa," tuturnya.

Seperti diketahui, eksplorasi luar angkasa baru-baru ini mengalami kendala perihal dana, di mana krisis keuangan global mengakibatkan pemotongan belanja besar. Kabarnya, anggaran NASA untuk penelitian ilmiah terkait planet dipangkas sebesar USD300 juta tahun ini.

Melalui bantuan pesawat luar angkasa atau satelit NASA Kepler, badan antariksa ini telah menemukan sejumlah planet yang berpotensi untuk dihuni. Dengan teknologi baru, seperti roket bertenaga fusi, perjalanan ke planet asing tersebut tampaknya akan sangat mungkin untuk dilakukan dalam waktu beberapa ratus tahun atau lebih cepat.

4Komentar
17 Apr, 2013 12:46
avatar

gak manusia saja yang punah, smua makhluk yg kasat mata dan yg tidak kasat mata semua mati di hari kiamat, dan jangan khawatir nanti dihidupkan lagi gak akan mengalami kematian lagi ,"Hidup Abadi" tinggal dimasukkan ke mana dimasukkan surga selama-lamanya atau neraka selama-lamanya

17 Apr, 2013 17:20
avatar
bukankah Allah SWT sudah memberi tahu lewat alqur an dan disebar luaskan oleh nabi besar Muhammad....yaitu hari akhir zaman, perlu diingat bahwa kita adalah manusia bumi ,mahluk yang bernama manusia hanya bisa hidup di bumi dan bukan diplanet lain......,karena semua unsur pada tubuh manusia adalah bumi.
avatar

kalau ada manusia bisa hidup di planet lain. padahal yg menemukan orang kafir apakah halal buat orang islam. moga moga ada label Halal. di Mars. :-))))))

Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    653 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.700 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    141 respon

Total Respon: 3.494
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft