okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 04 Apr 2012 08:59:52 GMT | By fetra, okezone.com

Google Resmikan Peluncuran Art Project di Indonesia

Google dan Museum Nasional Indonesia secara resmi mengumumkan kolaborasi program Google Art Project.


Google Resmikan Peluncuran Art Project di Indonesia

JAKARTA - Google dan Museum Nasional Indonesia secara resmi mengumumkan kolaborasi program Google Art Project. Program tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses museum-museum dan benda bersejarah yang ada di seluruh dunia secara virtual.

Google Art Project ini bisa dijadikan sebagai kompilasi karya seni dari berbagai museum yang ada di berbagai belahan dunia yang dapat diakses secara online.

Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy mengatakan, adanya kerjasama ini diharapkan mampu memberikan manfaat positif untuk masyarakat luas sekaligus mengenalkan karya seni atau benda bersejarah di tanah air ke seluruh dunia

"Proyek ini lahir dari para teman-teman Google yang ingin mengapresiasi karya seni, khususnya yang ada di Indonesia. Ini merupakan langkah awal kami dengan Google Art Project," ujar Rudy Ramawy dalam acara konferensi pers di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, Rabu (4/4/2012)

Dia menjelaskan, saat ini ada sebanyak 100 karya seni terpilih yang ditampilkan di situs Google Art Project. Karya-karya seni terpilih ini meliputi koleksi batik tradisional dan benda peninggalan kerajaan tertua di Indonesia, seperti kerajaan Kutai yang terdapat di Kalimantan Timur.

Program kerjasama global yang dipelopori dan dipromosikan oleh Google ini melibatkan 150 institusi kebudayaan yang berasal dari 40 negara. "Museum Nasional Indonesia terpilih dari 150 museum dan institusi di seluruh dunia yang memiliki koleksi benda-benda bersejarah," pungkasnya.

Direktur Museum Nasional Indonesia, Gatot Ghautama mengungkapkan, kerjasama ini akan mampu mempromosikan kebudayaan dan karya seni yang ada di tanah air.

"Bagi Museum Nasional Indonesia, Google Project Art ini adalah kerjasama secara digital yang bisa dimanfaatkan. Karena memang sudah sejalan dengan misi kami, yaitu melindungi dan melestarikan budaya bangsa serta mampu menyajikan (karya seni itu secara online) kepada masyarakat Indonesia dan juga dunia."

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.409 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.427 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    338 respon

Total Respon: 8.174
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft