okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 29 Aug 2013 11:59:50 GMT | By fetra, okezone.com

Ditemukan Bukti Kerajaan Kuno 10 Ribu Gua



Ditemukan Bukti Kerajaan Kuno 10 Ribu Gua

KATHMANDU - Arkeolog kabarnya menemukan ribuan gua yang diukir di tebing-tebing pegunungan Himalaya. Berada di ketinggian 155 kaki dari daratan, gua buatan manusia ini diklaim sebagai salah satu misteri arkeologi terbesar di dunia.

Dilansir Dailymail, Kamis (29/8/2013), ribuan lubang yang diukir ini tampak rapuh, tebing berwarna khas pasir dengan jurang besar yang membentang. Situs yang diyakini dahulu merupakan kerajaan kuno ini memiliki banyak lubang atau terowongan dan menyisakan misteri siapa dan mengapa gua tersebut dibangun.

Arkeolog juga belum mengetahui bagaimana manusia bisa memanjat ke dalam gua, yang digali di atas permukaan lembah dari ketinggian 155 kaki. Lokasi situs misteri dengan 10 ribu gua ini terletak di Kingdom of Mustang di Utara, Central Nepal.

Mereka yang melihat gua-gua misterius ini mengungkapkan, tebing tampak terlihat seperti istana pasir raksasa. Petualangan fotografer, Cory Richards ikut dengan pemanjat tebing Pete Athans, arkeolog Mark Aldenderfer serta satu tim penjelajah untuk mengungkap rahasia relik dari gua kuno tersebut.

Para peneliti berpencar untuk melakukan eksplorasi pada situs gua misterius ini. Beberapa mendaki tebing untuk bisa mencapai gua yang dipercaya telah ada sejak 800 tahun lalu.

Richards mengungkapkan, perjuangan menjelajahi situs dan mendaki tebing tidaklah mudah. Tim harus berhati-hati karena jurang curam serta pendakian dilakukan oleh para profesional yang telah berpengalaman.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada perpaduan ilmu pengetahuan dan eksplorasi serta budaya yang dikemas pada bagaimana tim peneliti mengungkap salah satu dari temuan unik kepada masyarakat luas. "Kami harus membuatnya menarik, tetapi kami juga harus memberikan pengetahuan tentang apa yang ada di luar sana untuk orang lain," pungkas Richard.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.380 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.466 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    924 respon

Total Respon: 9.770
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft