okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 01 May 2013 12:55:37 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Pertanian Indonesia



Dampak Perubahan Iklim Terhadap Pertanian Indonesia

JAKARTA - Naiknya suhu permukaan bumi menyebabkan terjadinya kekacauan pola musim, khususnya di Indonesia. Di mana cuaca yang tidak menentu membuat para petani sulit dalam memperkirakan waktu untuk mengelola lahan dan memanen.

Akibat perubahan iklim (climate change) ini, Indonesia memiliki fenomena musim hujan cenderung lebih pendek. Di sisi lain, musim kemarau yang lebih panjang telah meningkatkan berbagai ancaman bencana bagi sektor pertanian.

Ancaman bencana yang paling sering menghantui para petani adalah hidrometeorologi (banjir, kekeringan dan angin puting beliung). Hal ini akan memiliki dampak serius terhadap lingkungan, produktivitas pertanian dan ketahanan pangan nasional.

"Perubahan iklim menjadi ancaman serius bagi dunia pertanian. Petani masih sangat minim memahami proses adaptasi (penyesuaian) terhadap perubahan iklim yang berdampak sistematik bagi hasil pertanian," kata Sekjen DPP Perhimpunan Petani Nelayan Sejahtera Indonesia, Riyono dalam diskusi yang diadakan oleh Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MAPIPTEK) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian, Rabu (1/5/2013).

Menurutnya, inovasi teknologi menjadi penting di saat pangan semakin berkurang. Sayangnya, saat ini kurangnya informasi utuh tentang perubahan iklim dapat menghambat optimalisasi hasil produk pertanian dalam skala makro. "Sehingga, petani kita masih sering mengalami risiko gagal panen akibat kekeringan, banjir dan ledakan hama," tutup Riyono.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.522 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.047 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 5.957
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft