okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 26 Feb 2013 10:40:28 GMT | By fetra, okezone.com

Cara Baru Ubah Cahaya Matahari Jadi Energi Listrik



Cara Baru Ubah Cahaya Matahari Jadi Energi Listrik

CALIFORNIA - Ilmuwan dari Departments of Chemistry, Chemical Engineering and Materials di UC Santa Barbara (UCSB) melakukan penelitian baru untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya. Cara terbaru untuk menghasilkan listrik ini menggunakan proses dari bahan dasar logam.

Dilansir Redorbit, Selasa (26/2/2013), sejak ratusan tahun lalu, manusia mencari cara bagaimana mengubah cahaya matahari menjadi sumber energi listrik. Saat ini, manusia telah mampu menggunakan bahan dasar kaca dan cermin untuk memusatkan sinar matahari guna membuat api.

Ilmuwan Yunani juga pernah menggunakan perisai perunggu untuk merefleksikan dan memfokuskan sinar matahari untuk membakar kapal kayu. Langkah besar dalam mengubah sinar matahari menjadi listrik bisa melalui teknologi photovoltaics (PV) atau menggunakan concentrated solar power (CSP).

Terkini, ilmuwan dari Amerika Serikat ini mengklaim telah menemukan metode baru untuk memanen energi matahari. Bahan dasar untuk mengonversi cahaya matahari menjadi listrik ini tidak lagi dengan kaca atau cermin, namun menggunakan logam.

Penelitian ini menjanjikan daya lebih kuat ketimbang banyak semikonduktor yang digunakan dalam metode konvensional. Penemuan ini dipublikasikan dalam edisi terbaru, jurnal Nature Nanotechnology.

"Ini adalah alternatif radikal baru dan berpotensi bisa diterapkan pada perangkat konversi solar berbasis semikonduktor," kata Martin Moskovits, profesor kimia di UCSB.

Proses ini melibatkan sinar matahari yang menerpa permukaan bahan semikonduktor, di mana salah satu sisi dari bahan tersebut kaya dengan elektron. Akan terjadi reaksi jika foton atau partikel cahaya mulai bereaksi pada elektron tersebut.

Hasilnya ialah, partikel bermuatan yang ditangkap ini bisa dimanfaatkan untuk daya lampu, mengisi baterai atau bahkan memfasilitasi reaksi kimia. "Sebagai contoh, elektron dapat menyebabkan ion hidrogen dalam air untuk bisa dikonversi menjadi hidrogen, bahan bakar," jelas Moskovits.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.761 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.116 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    409 respon

Total Respon: 6.286
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft