okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 11 Jun 2012 18:33:29 GMT | By yoga.hastyadi, okezone.com

Bulan Ini, China Luncurkan Manusia ke Luar Angkasa



Bulan Ini, China Luncurkan Manusia ke Luar Angkasa

BEIJING - Sebuah roket yang membawa pesawat antariksa Shenzou 9 telah dipindahkan ke landasan peluncuran di gurun sisi barat laut China. Ada tiga astronot yang direncanakan meluncur bersama pesawat tersebut.

Diwartakan Associated Press, Senin (11/6/2012), pesawat antariksa itu dijadwalkan terbang pada pertengahan Juni. Menurut Xinhua News Agency, kemungkinan akan ada seorang astronot wanita yang turut serta sebagai kru.

Ketiga kru pesawat antariksa ini akan berlabuh dan hidup dalam modul orbit Tiangong 1 yang diluncurkan tahun lalu. Pemerintah China tidak mengungkap berapa lama misi tersebut akan berlangsung.

Program luar angkasa China mengalami peningkatan konstan sejak peluncuran pada 2003 silam, namun belum pernah menyertakan wanita. Melalui peluncuran tersebut, mereka menjadi negara ketiga yang meluncurkan manusia ke luar angkasa dengan upaya sendiri. Kemudian ini telah disusul dua misi berawak lain.

Setelah menyelesaikan putaran pertamanya mengelilingi Bumi, menurut Science Daily, dua orang astronot akan pindah semetara ke Tiangong-1. Di tempat ini mereka akan melakukan beberapa uji coba sains.

Pada November, pesawat antariksa tanpa awak Shenzou-8 akan kembali ke Bumi, setelah dua kali melabuhkan diri ke Tiangong-1. Modul stasiun luar angkasa Tiangong-1 ini merupakan yang pertama bagi China dan diluncurkan September lalu.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.275 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.176 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    881 respon

Total Respon: 9.332
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft