okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 02 Jul 2012 11:59:43 GMT | By amril.amarullah, okezone.com

Buaya Raksasa Seperti dalam Film Ternyata Ada



Buaya Raksasa Seperti dalam Film Ternyata Ada

MANILA - Buaya berukuran raksasa ternyata tidak hanya bisa dijumpai dalam cerita film "Crocodile" saja. Baru-baru ini, buaya raksasa mirip dalam film tersebut ditemukan warga di Filipina. Buaya dengan panjang tujuh meter berhasil ditangkap warga, setelah diketahui hewan reptil tersebut melakukan serangkaian penyerangan terhadap manusia tahun lalu.

Dilansir Sky, Senin (2/7/2012), buaya dengan bobot lebih dari satu ton itu mengalahkan buaya terpanjang yang ada di Australia yang memiliki panjang tubuh lima meter. Juru bicara Guinness World Records mengonfirmasi bahwa buaya Filipina ini merupakan buaya paling besar yang pernah ditemukan.

Buaya raksasa yang dinamakan Lolong itu ditangkap karena sejumlah serangan mematikan di daerah terpencil di Filipina bagian selatan. Hewan itu akhirnya dapat diringkus di kota Bunawan.

Tampaknya, buaya ini akan menjadi daya tarik baru untuk taman ekoturisme dan pusat penelitian di pinggiran kota. Selain itu, berita mengenai penangkapan buaya itu telah menarik rasa penasaran ribuan wisatawan

Kota Bunawan bahkan telah meraih hingga 45 ribu poundsterling dari biaya tiket masuk di taman. Uang itu digunakan sebagai pemberikan pakan serta perawatan buaya tersebut.

Walikota, Edwin Cox Elorde mengatakan bahwa ada kekhawatiran bahwa buaya raksasa yang lain juga kemungkinan masih tersembunyi di tanah rawa. "Kami sangat bangga karena membuktikan keanekaragaman hayati yang kaya di tempat kami. Tetapi di waktu yang sama, ada ketakutan bahwa Lolong mungkin tidak sendiri," tuturnya.

Buaya itu ditangkap dengan perangkap kabel baja, dilakukan oleh warga yang berburu selama tiga minggu setelah seorang anak kecil terbunuh pada 2009 dan seorang nelayan hilang. Sekira 100 orang yang dipimpin oleh Elorde, menarik buaya itu dari sungai menggunakan tali dan kemudian diangkat dengan derek ke dalam truk.

Wikipedia menerangkan, buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae, termasuk pula buaya ikan (Tomistoma schlegelii).

Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara. Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    798 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.404 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.378
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft