okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 15 Mar 2013 03:14:38 GMT | By fetra, okezone.com

Bisakah Ilmuwan "Hidupkan Kembali" Hewan Purba?



Bisakah Ilmuwan "Hidupkan Kembali" Hewan Purba?

WASHINGTON - Ilmuwan berencana untuk menghidupkan kembali hewan purba yang telah punah ribuan tahun lalu. Menggunakan teknologi seperti kloning dan genome sequencing (pengurutan gen), ilmuwan mengklaim dapat memunculkan kembali hewan purba yang telah punah.

Dilansir Nbcnews, Jumat (15/3/2013), spesies purba yang hendak dimunculkan kembali ini ialah Mammoth, yang telah punah 3 ribu sampai 10 ribu tahun lalu. Di Maret tahun lalu, ilmuwan di Rusia dan Korea Selatan mengumumkan sebuah kerjasama bahwa mereka akan berusaha untuk mengkloning Mammoth dan menghasilkan spesimen Mammoth yang hidup.

"Ini menggunakan teknologi baru seperti kloning pengurutan gen untuk merekonstruksi spesies yang punah," ungkap peneliti Carl Zimmer. Ilmuwan sebelumnya telah berhasil mengklaim seekor Domba Dolly pada 1996.

Hewan mamalia tersebut bisa dikloning melalui sel di dalam laboratorium. Ilmuwan asal Spanyol dan Prancis telah bekerja selama bertahun-tahun untuk membawa kembali kambing Pyrenean ibex (Capra pyrenaica pyrenaica) dari kepunahan.

Ilmuwan telah melakukan kloning sel pada hewan tersebut. Namun, hewan tersebut tak dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Diketahui hewan tersebut mati setelah 10 menit usai kelahiran.

Peneliti dari Rusia dan Korea berusaha untuk melakukan "penghidupan kembali" pada spesies Mammoth dengan cara melihat jaringan Mammoth berbulu yang diawetkan dalam mesin pendingin di Siberia. Mereka berharap bisa menemukan sel-sel yang cocok untuk kloning.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.279 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.703 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    302 respon

Total Respon: 7.284
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft