Tue, 22 Nov 2011 13:54:08 GMT

Puluhan Fosil Ikan Paus Terdampar di Gurun Pasir

Fosil-fosil itu rata-rata berukuran delapan meter


Ilustrasi ikan paus terdampar (© Beritasatu)

Para ilmuwan di Chile dibingungkan setelah mereka menemukan fosil 75 ikan paus di tengah gurun, hampir satu kilometer dari garis pantai, dan tergeletak bersisian, berjarak 0,9 meter antara satu dengan yang lain.

Bangkai-bangkai yang berusia sekitar dua juta tahun itu tidak dikuburkan, tetapi diyakini tergeletak di Gurun Atacama, Chile, demikian keterangan dari sejumlah ilmuwan dari Smithsonian Institution.

Fosil puluhan mamalia laut purba, yang rata-rata sepanjang delapan meter itu pertama kali ditemukan dalam proyek pelebaran jalan di negara yang berlokasi di Amerika bagian selatan itu.

Akan tetapi menurut para ilmuwan penemuan bangkai-bangkai paus di satu lokasi juga pernah terjadi di Mesir dan Peru, tetapi fosil-fosil di Chile berbeda karena jumlahnya yang besar dan awetnya tulang belulang yang tertinggal.

Dari 75 fosil yang telah ditemukan, hanya 20 yang kerangkanya ditemukan secara utuh. Para ilmuwan yakin ratusan fosil lagi akan segera ditemukan di sekitar lokasi itu.

Bahkan dari temuan itu mereka juga menemukan tiga bangkai, yang diduga satu keluarga paus, dalam posisi dua paus dewasa mengapit satu paus kecil di tengah.

Selain bangkai paus, para ilmuwan juga menemukan jenis lumba-lumba yang mempunyai taring tetapi kini telah punah.

"Ada banyak teori bagaimana paus-paus itu bisa mati dan kami sedang menguji semua hipotesis itu," terang Nicholas Pyenson, kurator fosil-fosil binatang laut pada Smithsonian's National Museum of Natural History.

Akan tetapi, Hans Thewissen, seorang pakar paus purba, menduga paus dan binatang laut lainnya mungkin tengah berkumpul di sebuah laguna ketika terjadi gempa bumi atau badai yang kemudian menutup jalan mereka ke lautan lepas.

"Tidak lama kemudian laguna itu mengering dan paus-paus itu juga mati," duga Thewissen.

Penulis: Liberty Jemadu

Sumber: Beritasatu

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.860 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.149 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    423 respon

Total Respon: 6.432
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Gadget

lanjut...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft